BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Lantamal X Jayapura dan Lanal Nabire Temukan Peluru Ilegal di Perairan Nabire




Nabire - Suaraindonesia1, TNI Angkatan Laut Nabire berhasil mengamankan amunisi berlokasi di alur perairan pantai Nabire, Rabu (02/10/2024). Amunisi tersebut diduga berasal dari kapal KM Gunung Dempo.



Keterangan Komandan Lanal Nabire, Letkol Laut (P) Pius Herdasa Krisna Murti, S.T, M.T, CBEI, CACA, CRMP. Kotak sterofoam yang mencurigakan tersebut ditemukan mengapung di sekitar pantai 200 yard dari bui merah pantai Labani Tim Satgas saat melakukan patroli rutin. Saat diperiksa, kotak tersebut berisi 168 butir amunisi kaliber 5,56 mm, 10 butir amunisi kaliber 38 mm spesial, dan empat magazen senjata jenis M16 ART 15.


Penemuan ini bermula saat tim penyekatan Lantamal X dan Lanal Nabire Papua Tengah melaksanakan pengawasan dan pengamanan di Pelabuhan Umum Nabire, sekaligus melakukan patroli di sekitar perairan Pantai Labani. Pada pukul 23.18 WIT, tim mencurigai adanya beberapa lampu sorot yang menyala di kawasan Pantai Labani Timur. Ketika mendekati lokasi, mereka menemukan kotak styrofoam berwarna putih yang mengapung di permukaan air.


Sementara itu, Letkol Laut (H) Kemas M. Yusri (Dantim Intel Lantamal X Jayapura) menyampaikan apresiasi atas kinerja tim yang berhasil menggagalkan dugaan upaya penyelundupan amunisi tersebut. Ia menekankan pentingnya kewaspadaan dan pengawasan di seluruh perairan wilayah tersebut untuk mencegah masuknya senjata ilegal.


Saat ini, seluruh barang bukti telah diamankan di Mako Lanal Nabire untuk penyelidikan lebih lanjut guna mengetahui asal-usul dan tujuan pengiriman amunisi tersebut.


TNI Angkatan Laut menegaskan komitmennya dalam menjaga kedaulatan NKRI, dan mengajak seluruh elemen masyarakat serta instansi pemerintah untuk bersama-sama menjaga keamanan wilayah perairan, khususnya di Nabire dan Papua Tengah.


 

Red

« PREV
NEXT »