BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Pentingnya Peran Forum Pembauran Kebangsaan Dalam Menjaga Persatuan Bangsa.




SBD,SuaraIndonesia1.Com – Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik ( Kesbang Pol ) Kabupaten Sumba Barat Daya, Ir.Herman Gono Ate,M.SI belum lama ini melakukan sosialisasi terkait Pembentukan Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) Kesbang Pol Kabupaten Sumba Barat Daya berdasarkan Peraturan Presiden ( Perpres )Nomor 53 tahun 2003.


Dikatakan kalau sosialisasi tersebut terkait FPK itu diperuntukkan bagi seluruh pengurus dan anggota FPK yang berada di wilayah kabupaten Sumba Barat Daya,dan Forum ini tidak sama dengan Forum kemarinnya dimana forum itu melibatkan seluruh sejumlah perwakilan masyarakat dari sejumlah wilaya yang ada di kabupaten Sumba Barat Daya. Tetapi Forum Pembauran Kebangsaan ( FPK ) saat ini tidak terlalu banyak jumlahnya. Forum ini hanya melibatkan tokoh agama dari masing-masing wilayah dimana saat ini kita hadapi pesta demokrasi pemilukada agar dengan adanya forum tersebut semuanya terwujud dengan baik,aman, tertib dan lancar, sebutnya kepada media ini jumad 013/09/2024.



Lebih lanjut, Ir.Herman Gono Ate,M.SI  menjelaskan tentang poin-poin penting dari Peraturan Presiden ( Perpres ) no 53  tahun 2003 adalah mengenai apa arti dan fungsi dibentuknya Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)


Ditambahkan bahwa di kabupaten SBD saat ini kita tengah menghadapi Pesta Demokrasi pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) Dimana momen tersebut sebagai tempat berkumpulnya beragam suku bangsa dan etnis dari seluruh Golongan serta pelosok, termasuk di dalamnya keberagamanan dalam hal kepercayaan dan agama yang dianut oleh masing-masing orang. 


Oleh karena itu,pilkada yang tengah kita hadapi agar kita dapat provokasi atau menggiring opini masyarakat kepada hal yang benar dan lebih baik dan jangan memprovokasi atau menggiring opini masyarakat pada hal yang tidak benar serta meredam hal-hal konflik terkait perhelatan kanca politik pemilukada. Adapun ketiga bakal calon Bupati dan bakal calon wakil bupati sebutnya,semuanya pada baik,tinggal menentukan suara hati. Hal ini menjadikan sebuah potensi dalam mengharmonisasi keberagaman tersebut. Untuk itu maka dipandang  perlu untuk membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FPK),ungkapnya.


Kehadiran Forum ini lebih khusus lagi di tingkat Kabupaten SBD menurutnya, diharapkan dapat turut serta menjaga rasa persatuan dan kebersamaan serta meminimalisir adanya konflik yang mungkin timbul di dalam kehidupan sosial masyarakat. Forum ini juga diharapkan dapat menjadi fasilitator dalam proses pembauran antar suku agar fanatisme kesukuan tidak terjadi. Sekecil apapun persoalan sosial dapat segera teridentifikasi dan terselesaikan sebelum berkembang menjadi konflik yang lebih besar,demikian tandasnya.


**** Eman Ledu ****

( SuaraIndonesia1.Com ).

« PREV
NEXT »