BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Sekda Pohuwato Sebut Program Tanam Padi Gogo Membantu Pemerintah



Suaraindonesia1, Pohuwato - Hadiri kegiatan gerakan tanam padi gogo, di halaman sementara Kantor Bupati Pohuwato, Sabtu (03/08/2024). Sekretaris Daerah (Sekda), Iskandar Datau mengatakan program tersebut membantu pemerintah.

Program ini menurutnya sangat strategis dan membantu pemerintah daerah dalam rangka ketersediaan pangan dan juga untuk menekan inflasi dan peningkatan ketahanan pangan, dan untuk mencapai itu maka ketersediaan pangan harus cukup.

“Beberapa hari yang lalu kita pernah mengalami kekurangan beras, itu pun bukan berarti fluktuasi dari harga pangan khususnya beras. Kalau kita tidak mengantisipasi dengan potensi yang bisa kita optimalkan maka kita akan terus mengalami kondisi itu. Kebetulan padi gogo oleh Kementerian Pertanian kita diberi kuota 1800 Ha maka ini kita maksimalkan," jelas Iskandar.

Lebih lanjut, target yang diberikan kepada kita kiranya bisa dicapai, dan untuk mencapai target itu maka kita akan mendorong untuk memnanfaatkan lahan-lahan yang potensial untuk padi gogo.

Kemudian beberapa lokasi yang telah kita tanami awal tentu itu menjadi sumber benih dan akan kita kembangkan lagi ke tempat-tempat lainnya.

“Kami pun berharap target 1800 Ha ini bisa tercapai ke wilayah-wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan padi gogo," ungkap Iskandar.

Sementara itu, Kadis Pertanian, Kamri Alwi, menjelaskan secara keseluruhan upaya perluasan produksi padi gogo di Kabupaten Pohuwato baru mencapai 150 hektare dari target 1048 hektare. Target bulan Agustus 158 Ha. Jadi, penanaman hari ini adalah awal dari penanaman pada bulan Agustus.

“Dinas Pertanian Pohuwato berkomitmen bakal menjadikan Kabupaten Pohuwato sebagai suplayer benih padi gogo. Secara khusus saat ini telah ada 24 Hektare lahan yang sudah ditanami padi gogo," terang Kamri.

Disisi lain, Kepala Bidang Program dan Kerjasama Pendidikan Pusdiktan, Kementerian Pertanian RI, Saptorini,S.TP.,M.SI menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan sektor pertanian di Pohuwato khususnya padi gogo.

"Alhamdulillah, Kabupaten Pohuwato merupakan salah satu sentra padi di Provinsi Gorontalo, insyaallah dengan penanaman padi gogo ini apa yang sudah ditargetkan di Pohuwato dan dengan semangat yang luar biasa dari kita semua insyaallah akan tercapai dan bahkan bisa melampaui target," pungkasnya.

(Abd)

« PREV
NEXT »