BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Bupati Sumba Barat Daya Bersama Kadis Pertanian Hadiri Pasca Tanam Perdana Sayur Hidroponik



SBD, SuaraIndonesia1.Com - Bupati Sumba Barat Daya,dr.Kornelius Kodi Mete bersama Kepala Dinas Pertanian kab.SBD menghadiri Tanam Perdana sayur Hidroponik .


Tanam perdana sayur Hidroponik berlangsung di SMK Kasimo desa weelonda kecamatan kota tambolaka Sumba Barat Daya NTT ( 03/08/2024 ) yang di gagas oleh Deny Afriansah S.tp sebagai petani milenia dibawa asuhan Bapak Fransiscus Go sebagai bakal calon Gubernur NTT Periode 2024-2029 beberapa purnama lagi.



Bupati pada kegiatan tanam perdana sayur Hidroponik  menyammpaikan kalau  kegiatan ini adalah yang pertama kali di SBD Walau kewat Dunia pendidikan dalam hal ini melalui para siswa-siswi AMJ Kasimo jurusan pertanian.



Menurutnya kegiatan walau melalui beberapa metode teknis,namun sangat baik dan berguna bagi manusia untuk masa depan dan ketika nantinya kegiatan Hidroponik ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan teliti terutama metodenya maka tentu dengan sendirinya akan melibatkan banyak pihak.


Oleh karena itu, Tanam perdana sayur Hidroponik hari ini tertanggal 3 Agustus 2024 dengan Tema "" Pilot Project Hidroponik Kerjasama Antara Yayasan Kasimo Sumba Dengan Yayasan Felix Maria Go. "" oleh Graha Manajemen Terpadu,Ir.Fransiscus Go,SH,melalui partisipasi peserta didik SMK Kasimo khususnya jurusan pertanian,menjadi  contoh  ditengah masyarakat SBD untuk meengembangkan kegiatan Hidroponik yang merupakan tujuan pembangunan secara menyeluruh dalam pengelolaan kehidupan untuk mencapai kesejahteraan ekonomi,ungkapnya singkat.



Deny Afriansah,S.tp sebagai petani milenial dalam sambutan singkatnya menyampaikan kalau inti dan tujuan melakukan kegiatan khususnya bagi peserta didik SMK Kasimo jurusan pertanian sejak awal kunjungan pembelajaran atau pelatihan hinggah pada pasca tanam perdana sayur Hidroponik yang dihadiri langsung oleh bupati SBD dan kepala dinas pertanian kab.Sumba Barat Daya adalah untuk pembangunan berkelanjutan secara menyeluruh dalam pengelolaan kehidupan untuk mencapai kesejahteraan ekonomi.


Selain itu kata Deny,bahwa dalam konteks pembangunan berkelanjutan,Hidroponik memiliki banyak potensi untuk memberikan kontribusi yang signifikan. Serta melalui metode ini kata Deny,kita dapat mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang tengah dicanangkan oleh bapak,Ir.Fransiscus Go sebagai bakal calon Gubenur NTT periode 2024-2029 yang lebih baik dalam hal ketahanan pangan,pengelolaan Air yang berkelanjutan,pertanian berkelanjutan,penghematan lahan dan inovasi teknologi,Hidroponik telah terbukti memberikan manfaat yang nyata kedepannya melalui siswa-siswi SMK Kasimo jurusan pertanian dan mudah-mudahan kegiatan pembelajaran Hidroponik ini dapat dikeembangkan serta melibatkan banyak pihak,papanya.


Ketua Yayasan Kasimo,Robertus Bora Bali dalam sambutan singkatnyanya menyampaikan kalau kegiatan pelatihan pembuatan pupuk Hidroponik memperkenalkan metode bertanam tanpa tanah dengan pupuk Hidroponik hinggah pada pasca tanam perdana sayur Hidroponik yang sudah dicanangkan petani milenial di SMK Kasimo,dapat membantu dalam beberapa aspek seperti : meningkatkan ketahanan pangan,memastikan pengelolaan Air yang berkelanjutan,promosi pertanian berkelanjutan,meminimalkan penggunaan lahan serta mendorong inovasi dan pengembangan teknologi Hidroponik agar dapat menjadi solusi untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di tengah masyarakat SBD,tandanya.


Hadir pada kegiatan pasca tanam perdana sayur Hidroponik yang berlangsung di SMK Kasimo 03/08/2024,Kepala dinas pertanian kabupaten SBD,Frin Tuka, Camat wewewa Barat,Anton Kette bersama istri,pembina Yayasan Kasimo,Emanuel Da Tito, sejumlah guru SMK Kasimo dan para siswa-siswi SMK Kasimo.


** Eman Ledu **

 ( SuaraIndonesia1.Com ).

« PREV
NEXT »