BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Polsek Loura Polres SBD Berhasil Melakukan Perdamaian Keluarga dalam Kasus Penganiayaan.





SBD,SuraIndonesia1.Com – Dalam upaya penegakan hukum dan pemulihan keharmonisan komunitas lokal, Polsek Polsek Loura Polres Sumba Barat Daya,berhasil memediasi kasus dugaan.  tindak pidana penganiayaan yang melibatkan keluarga di Kelurahan weetobula ( kaloghodana ), Kabupaten Sumba Barat Daya pada Rabu, 10 juni 2024. Kasus ini melibatkan Martinus Leo Gaina sebagai korban penganiayaan,dengan pelaku yang diduga KAG.


Peristiwa ini terjadi pada, 10 Juni 2024 lalu , di depan SD yang tak jauh dari rumah pelaku maupun korban. Dari kejadian tersebut, hinggah dipolisikan. Namun, berkat intervensi Polsek Loura di bawah kepemimpinan Kapolsek Loura, AKP Yusuf Rindu Tara Panja, kedua belah pihak berhasil mencapai kesepakatan damai yang telah dilaksanakan pada 11 Juli 2024 serta disaksikan oleh kedua bela pihak keluarga yang berlangsung di rumah besar orang tua korban.



Hadir langsung dalam perdamaian tersebut adalah Kanit Res Polsek Loura Polres SBD bersama beberapa anggota Polsek Loura.


Mediasi yang sudah menjadi keputusan dan di tuangkan dalam berita acafah perdamaian serta dimeterai,kala perdamaian tertanggal 11 do hadiri langsung oleh Aris Lagho Sebagai Kanit res.Polsek Loura-Polres Sumba Barat Daya NTT, berhasil membuat pelaku meminta maaf dangan sistim budaya, Selain itu, kedua belah pihak sepakat bahwa jika pelaku mengulangi perbuatannya, mereka akan dikecualikan dari komunitas lokal. Orang tua pelaku juga menegaskan tanggung jawab mereka dalam memastikan anak-anak mereka tidak mengulangi perbuatan tersebut.


Pardamean kedua keluarga, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Polsek Loura atas upaya mediasi ini. “Kami merasa lega dan berterima kasih karena keadilan telah ditegakkan namun dalam nuansa kekeluargaan, sehingga tidak merusak hubungan sosial di desa kami,” ungkap Pardamean.


Peristiwa ini menunjukkan pentingnya problem-solving dalam pendekatan penegakan hukum, memperkuat hubungan komunal dan mencegah eskalasi penyelesaian masalah melalui cara-cara yang tidak aman. Kedamaian dan keharmonisan di kalangan keluarga  diperkirakan akan tetap terjaga berkat upaya pihak kepolisian dan masyarakat setempat.( Eman Ledu, SuaraIndonesia1.Com ).


* Wakil Kabiro Sumba Barat Daya *

« PREV
NEXT »