BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Perkuat SDGs Desa di Pohuwato, Ini Pesan Bupati Saipul


Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Siapul A. Mbuinga, membuka workshop penguatan pencapaian SDGs Desa yang diadakan di aula Hotel Fox, Kota Gorontalo. Senin (22/7/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh Kadis PMD Refli Basir, Ketua APDESI Sirwan Mohi, juga Pinca Bank Sulut-Go Hasan Hamid dan diikuti oleh para camat serta jajaran kepala desa dan kepala dusun se-Kabupaten Pohuwato. 

Dalam sambutannya, Bupati Siapul menekankan pentingnya keterlibatan seluruh unsur pemerintahan desa, terutama kepala dusun, dalam proses pembangunan desa berkelanjutan.

“Hari ini kita mencatat sejarah dengan melibatkan seluruh unsur pemerintahan desa, khususnya kepala dusun, dalam upaya pembangunan berkelanjutan,” ujar Siapul. Beliau menambahkan, bahwa ini adalah pertama kalinya workshop penguatan pencapaian SDGs desa diselenggarakan untuk mencapai pembangunan desa yang berkelanjutan.

Siapul menegaskan, bahwa kepala dusun memiliki peran strategis dalam mengumpulkan, mencatat, memverifikasi, dan memvalidasi data SDGs desa yang nantinya digunakan untuk menyusun program dan kegiatan pembangunan desa. 

“Data yang dihasilkan oleh satgas SDGs desa digunakan sebagai bahan rekomendasi penyusunan program dan kegiatan pembangunan desa berdasarkan tahapan sebagaimana ketentuan Pasal 14 PermenDesa , PDTT Nomor 21 tahun 2020 yaitu pendataan desa, perencanaan pembangunan desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan pertanggungjawaban pembangunan desa,” jelasnya.

Tak hanya itu, Saipul juga menyampaikan bahwa perpanjangan masa jabatan kepala desa dan BPD dari enam tahun menjadi delapan tahun akan memberikan ruang lebih besar bagi desa untuk memperkuat pencapaian 17 tujuan SDGs desa. Tujuan tersebut, meliputi desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, keterlibatan perempuan desa, pertumbuhan ekonomi desa yang merata, dan desa tanpa kesenjangan. Olehnya, pentingnya keseriusan dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut. 

“Terima kasih saya sampaikan kepada badan kerja sama antar desa, APDESI, dan Dinas PMD Kabupaten Pohuwato yang telah memfasilitasi pelaksanaan workshop penguatan pencapian SDGs desa bagi kelompok kerja SDGs desa,” ucap Saipul.

“Semoga workshop ini dapat menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang konkret untuk pencapaian SDGs desa serta peta jalan SDGs tahun 2023-2030 sesuai amanah Keputusan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Nomor Kep.118/M.PPN/HK/08/2023 tentang peta jalan tujuan pembangunan berkelanjutan/SDGs 2023-2030,” harapnya.

(Abd)
« PREV
NEXT »