BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

LAPANGAN HIJAU GALATAMA KINI SUDAH BERUBAH WARNA




Tambolaka, Suaraindonesia1 - Penataan ruang dalam jantung kota tambolaka merupakan salah satu agenda perhatian serius pemerintah secarah umum dimana dalam penanganan terhadap penataan ruang tersebut akan di libatkan langsung beberapa instansi dinas terkait demi merajut sebuah kemajuan daera Kabupaten Sumba barat daya.


Memasuki tahun 2023 hampir berakhir masa jabatan  dr.Kornelius Kodi Mete sebagai bupati Sumba Barat Daya tepatnya pada bulan agustus 2023 , wilayah kabupaten Sumba Barat Daya mendapat perhatian serius berbagai kegiatan pembangunan baik yang bersumber dari suntikan dana DAK maupun suntikan dana yang bersumber dari DAU maupun dana DID .



Terkini khususnya tahun 2023 masa kepemimpinan dr.Kornelius Kodi Mete sebagai bupati Sumba Barat Daya walau sesaat lagi akan melepaskan jabatan ,Namun secarah defakto masyarakat Sumba Barat Daya nikmati betapa mengalirnya kucuran pembangunan , baik pembangunan peningkatan infrastruktur jalan Provinsi , jalan kabupaten maupun pembangunan gedung-gedung sekolah dan pembangunan lainnya .


Di jantung ibu kota tambolaka tahun 2023 saat ini sangat terlihat jelas bahwa lapangan hijau galatama tengah terlaksana kegiatan pekerjaan pembangunan dan penataan ruang dengan menelan anggaran cukup fantastis dari Dana Insentif Daera dalam hal ini konstruksi pembangunan sentra UMKM Kota Tambolaka .



Kegiatan penataan ruang tersebut yang menelan anggaran cukup fantastis yang bersumber dari Dana Insentif Daera ( DID ) tahun anggaran 2023 senilai 2.883.296.525,53 yang dikerjakan oleh CV.GRAHA MANDIRI/CV.Pelaksana CITRA MANDIRI tertanggal 02 agustus 2023 hinggah 30 Desember 2023 .


Whilhelmus Woda Lado sebagai kepala dinas PUPR kabupaten Sumba Barat Daya yang diwawancarai awak media kaitan pekerjaan tersebut yang bersumber dari DID belum lama ini diruang kerjanya  menyampaikan bahwa Dana Insentif Daera adalah akibat pemeriksaan keuangan yang dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian ( WTP ) atau pemberian Bonus oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daera akibat pengelolaan keuangan clop melalui Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) dan hasil pemeriksaan BPK itulah yang di nyatakan WTP maka ada dana insentif daera . Serta dana insentif daera diberikan seperti tahun belakangan biasa saja . Namun dana insentif daera saat ini fokus pada beberapa pembangunan seperti UMKM guna peningkatan Ekonomi masyarakat khususnya tahun 2023 , sehinggah pada lokasi galatama itu dirombak nantinya sekitar 26 unit gerobak yang mengelilingi lokasi penataan termasuk dengan penerangan dilokasi tersebut . menurutnya bahwa penataan galatama adalah tahap satu dan tahun depan akan dilanjutkan lagi dengan memindahkan degala aset lainnya yang ada didalam lapangan itu serta penataan saat ini tidak sebatas empat trab saja tetapi akan ditrab keliling sehinggah saat kita menonton masyarakat dalam posisi aman , ungkapnya .


Ditambahkannya bahwa penataan galatama yang bersumber dari Dana Insentif Daera ini tahun depan masih diberi maka penataan tersebut akan dituntaskan serta dana insentif daera tidak bisa difungsikan untuk membangun strotoar , jalan . Jadi harus ada kekuatan yang dapat dinikmati oleh masyarakat untuk meningkatkan ekonomi atau daera mendapat sesuatu dari pembangunan tersebut . Entah daera mendapat untuk masyarakat ataupun daera itu sendiri seperti salah satunya adalah gedung KIR kendaraan yang menghasilkan untuk daera ( PAD ) ketika meningkat juga untuk masyarakat kembalinya yang menikmati .


Juga penataan saat ini jika kita hanya menyampaikan penataan lapangan itu sendiri tanpa disertai dengan beberapa kegiatan seperti  konstruksi pembangunan sentra UMKM Kota Tambolaka tentunya tidak jadi .


Dengan adanya penataan konstruksi bangunan UMKM yang bersumber dari Dana Insentif Daera , Whilhelmus Woda Lado sebagai kepala dinas PUPR tingkat kabupaten Sumba Barat Daya berharap bahwa masyarakat lebih khususnya di SBD dapat memanfaatkan keberuntungan ini dan selalu giat berusaha untuk memajukan daera serta memaksimalkan usaha untuk meningkatkan ekonomi , sehinggah kesempatan ini jangan dinikmati oleh orang lain dan kita sendiri sebagai warga SBD menjadi penonton aktif , serta segala usaha masyarakat yang di masukan didalam UMKM melalui pendaftaran lewat dinas Koperasi serta kami sebagai dinas PUPR hanya menyediakan lahan dan gerobak , tuturnya......Eman Ledu / Tibo .

« PREV
NEXT »