BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

DANA INPRES JATUH DI WILAYAH SELATAN SBD




Tambolaka. Suaraindonesia1..Memasuki tahun anggaran 2023 tepatnya pada bulan agustus--september 2023 masyarakat pada beberapa desa di wilayah kabupaten Sumba Barat Daya nikmati pemanfaatan suntikan dana peningkatan infrastruktur yang bersumber dari DAK . 


Suntikan dana tersebut untuk peningkatan pengerjaan jalan utama kabupaten pada beberapa wilayah desa di kecamatan wewewa selatan hinggah welangira  kecamatan kodi balaghar senilai 47.518.181.000 dengan nomor kontrak HK.0203-Bb.10.5.3/615 tertanggal 28 Agustus 2023 .


Peningkatan pengerjaan peningkatan  pembangunan jalan hotmix yang menelan anggaran fantastis dari dana DAK yang diproses melalui APBN dengan nama program pekerjaan adalah INPRES , di kerjakan oleh PT.Bumi Permai Nusantara atau ( Ceo BI Group ) 


Berdasarkan hasil wawancara awak media belum lama ini pada Wilhelmus Woda Lado sebagai kepala dinas PUPR tingkat kabupaten Sumba Barat Daya kaitan pekerjaan hotmix yang berlokasi di wewewa selatan pada beberapa desa hinggah kecamatan kodi balaghar dengan dana yang fantastis , Woda Lado menyampaikan bahwa hotmix tersebut bervolume 14.5 kilo meter dengan anggaran 47.518.181.000 .


Dari volume tersebut menurutnya bahwa akan di bagi pada beberapa segmen yaitu segmen pertama bervolume 4.86 kilo meter , Segmen kedua bervolume 2.15 kilo meter dan segmen ketiga bervolume 8.99 kilo meter dan ini berakhir di ujung desa bondo bala wewawa selatan , ucapnya .


Wilhelmus Woda Lado sebagai kepala Dinas Pekerjaan Umum tingkat kabupaten Sumba Barat Daya yang di sambangi di ruang kerjanya belum lama ini kaitan pekerjaan Hotmix jalan yang berlokasi di weekapoda Dikira kecamatan wewewa Selatan hinggah welangira kecamatan kodi balaghar Sumba Barat Daya menyampaikam bahwa adapun pekerjaan jalan ( Hotmix ) yang di kerjakan tahun 2023 tepat pada bulan agustus 2023 adalah bersumber dari dana DAK .


Menurutnya bahwa dana DAK untuk pekerjaan pembangunan jalan atau peningkatan ( hotmix ) di proses melalui APBN dengan nama program  pembangunan atau peningkatan jalan hotmix tersebut yang menelan anggaran cukup fantastis ialah Intruksi Presiden ( INPRES ) .


Ditambahkannya lagi bahwa agar kita dapat ketahui bahwa mulai dari awal  perencanaan hinggah PPKnya maupun pengelolaan keuangannya adalah dari APBN serta kami dinas PU kabupaten SBD hanya memfasilitasi dan selanjutnya bahwa pemerintah daera kabupaten Sumba Barat Daya hanya memperoleh infrastruktur jalan , ungkapnya .


Weli berharap dengan adanya pekerjaan pembangunan jalan ( hotmix ) yang bersumber dari DAK yang di proses melalui APBN ,agar masyarakat Sumba Barat Daya terkhususnya masyarakat pada beberapa desa di wilayah kecamatan wewewa selatan maupun masyarakat di kecamatan kodi balaghar agar benar-benar mendukung penuh pekerjaan jalan yang tengah di hotmix hinggah Tuntas serta tidak boleh ada masyarakat yang membuat keonaran dalam hal ini meminta ganti rugi terhadap lahannya maupun tanamannya yang bakal tergusur akibat pelebaran atau striping pada pinggir kiri-kanan jalan .


Juga seandainya pekerjaan tersebut rampung dikerjakan , ini sangat mendukung serta menunjang akses mobilitas potensi hasil pertanian petani yang melimpah pada beberapa desa dan mendongkrak peningkatan ekono 4E1mi masyarakat pada beberapa desa yang memang sangat kesulitan beberapa tahun terlewatkan , pungkasnya mengakhiri ......Eman Ledu/Tibo .

« PREV
NEXT »