BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Pedagang Pasar Mbilim Kayam Waisai Gelar Aksi Damai Di DPRK, Aspirasi Ditampung Relokasi Ditunda.



Waisai-SuaraIndonesia1.com-Ratusan pedagang di pasar Mbilim Kayam yang tergabung dalam Aliansi Persatuan Pedagang Pasar Raja Ampat menggelar aksi damai di depan kantor DPR Kabupaten Raja Ampat di Waisai.Rabu (20/9/2023).


Aksi damai  ratusan para pedagang  ini disinyalir buntut dari rencana pemerintah daerah melalui dinas Perindagkop yang akan  merelokasi pedagang di   pasar Mbilim Kayam ke lokasi baru pasar Snon Bukor di Kelurahan Warmasen Waisai kota dalam waktu dekat ini.



Sebelumnya Aksi damai yang sebagian besar didominasi oleh  ibu-ibu penjual di pasar Mbilim Kayam pernah dilakukan pada bulan Juli 2023 lalu dengan agenda serupa.


Massa aksi damai turut membawa tulisan-tulisan diatas kertas berisikan  berbagai penolakan terhadap rencana relokasi dan melakukan orasi dihadapan 3 anggota DPRK yang menerima kehadiran mereka.


Setelah menyampaikan orasinya  perwakilan peserta aksi melakukan hearing bersama   3 anggota legislatif  diantaranya anggota DPRK Ismail Saraka (Fraksi PKS), Zainudin (Fraksi Golkar ) dan Yardin (Fraksi Demokrat).


Kepada awak media ini  Perwakilan  pedagang Pasar Mbilim Kayam ,  Arek George Mambrasar  menuturkan kehadiran para pedagang  di kantor DPR Kabupaten Raja Ampat  terkait dua hal informasi yang sampai kepada para pelaku pasar yaitu Pertama menyangkut penyampaian bupati beberapa waktu lalu yang menurut pihaknya terjadi  kesalahan tafsir oleh dinas teknis dan direalisasikam dalam  bentuk surat  yang memaksakan adanya relokasi pasar.


" Kehadiran kami disini meminta  untuk mempertimbangkan hal-hal yang menjadi  prinsip dasar bagi kami sehingga kami tidak bisa bergeser dari pasar itu " ungkap Arek Mambrasar saat ditemui usai melakukan hearing bersama 3 anggota DPRK.


Arek  Mambrasar mengatakan kondisi ekonomi pasca Covid 19 yang  belum  sepenuhnya pulih di kabupaten Raja Ampat seharusnya   menjadi salah satu pertimbangan  mengapa pelaku pasar enggan  untuk direlokasi.



Untuk itu menurutnya agar tidak ada kesalahpahaman antara pemerintah dan masyarakat maka pihaknya  meminta kepada DPRK membentuk tim khusus terpadu  melakukan kajian-kajian lebih konkrit dan  Komperhensif yang  dapat dijadikan rekomendasi untuk mengambil  keputusan agar pelaku pasar tidak menyalahkan pemerintah dan  juga  pemerintah tidak menyalahkan masyarakat pelaku pasar.


" Harapan kami pada prinsipnya siap menerima program pemerintah yang sifatnya membangun dan memperdayakan  masyarakat, terutama kami sebagai pelaku pasar, Hanya saja model dan waktu yang bagi kami kurang tepat " ucap Arek.


Katanya  pasca Covid 19 di fase   pemulihan ekonomi ini   seharusnya pemerintah tidak memaksakan pelaku pasar untuk berjualan dipinggiran kota padahal idealnya keberadaan pasar itu harus ada minimal lokasinya  berdekatan dengan pemukiman warga .


Selain itu lanjut Mambrasar yang menjadi hal kedua adalah bahwa sebelum dilakukan  relokasi perlu ada kajian  apakah daerah itu dalam kondisi stabil atau tidak  , hal  inipun  perlu  dipertimbangkan dengan baik.


" Itu yang kami minta untuk dipertimbangkan baik supaya tidak terkesan bahwa pemerintah sedang tidak secara masif membunuh warganya" ujar Arek Mambrasar.


Terkait hasil hearing yang dilakukan bersama anggota DPRK , Arek mengemukakan bahwa menyangkut surat pemerintah daerah melalui dinas terkait pada prinsipnya tidak dapat dieksekusi  dan DPRK menjadi jaminan karena  penyampaian bupati beberapa waktu lalu di gedung Pari menjadi dasar .


" Relokasi yang direncanakan besok (Kamis 21/9/2023) akan ditunda sambil menunggu surat undangan dari asisten I kepada kami pihak pasar untuk ada diskusi lagi" tandasnya.


Menyinggung situasi pasar pasca unjuk rasa di kantor DPR sempat sunyi dan kosong karena para pedangang turun ambil bagian dalam aksi ini , Arek Mambrasar mengatakan setelah penyampaian aspirasi  pelaku pasar akan kembali melakukan aktifitas seperti biasa di pasar Mbilim Kayam .


"Apa yang menjadi aspirasi kami telah disampaikan dan setelah kami keluar dari sini ,Pelaku pasar akan kembali melakukan aktifasi mereka sebagai mana biasanya" pungkas Arek Mambrasar.


(A.Ginting)

« PREV
NEXT »