BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Wakili Pohuwato, Bupati Saipul Hadiri Rakornas BNPB



Pohuwato, Suaraindonesia1 - Wakili Kabupaten Pohuwato, Bupati Saipul A. Mbuinga hadiri Rapat Koordinasi (Rakornas) Penanggulangan Bencana, bertempat di Jakarta Internasional Expo Hall B1 dan B2, Jakarta Utara, Kamis, (02/03/2023).

Rakornas BNPB kali ini mengangkat tema "Penguatan Resiliensi Berkelanjutan Dalam Menghadapi Bencana".

Kegiatan inipun dibuka langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, dan dihadiri peserta sebanyak 5.000 peserta dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah terdiri dari para gubernur, wali kota, bupati dan forkopimda.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya mengajak seluruh gubernur, bupati dan wali kota bersama BNPB untuk bangkit kembali dari keterpurukan pasca bencana disebut juga dengan resiliensi. Selain tentang penanganan korban pasca bencana, Presiden Jokowo dalam sambutannya juga menyebutkan perlunya edukasi dan pelatihan kepada masyarakat tentang peringatan dini dan tindakan pada saat bencana terjadi.

Ini dimaksudkan agar di saat bencana terjadi, masyarakat sudah paham tindakan yang diambil untuk meminimalisir risiko.

Usai mengikuti Rakornas tersebut, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga mengatakan bahwa dirinya siap menjalankan arahan Presiden Jokowi terkait penguatan resiliensi berkelanjutan dalam menghadapi bencana. 

"Sebelumnya pemerintah daerah sudah melakukan sebagian besar pesan Presiden Jokowi, diantaranya mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan pencegahan dini terhadap bencana," ujar Saipul.

Ia juga meminta agar jajaran pemerintah di wilayahnya untuk dapat lebih fokus dan bekerja keras dalam menghadapi bencana.

"Kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Bupati Saipul mengajak untuk lebih bersemangat dan bekerja lebih keras lagi agar bisa menjaga resiliensi berkelanjutan dalam menghadapi bencana yang sudah terjadi atau belum terjadi," harap Saipul.

Untuk diketahui, dalam Rakornas Penanggulangan Bencana ini digelar pameran yang menampilkan berbagai produk Industry Kebencanaan Tingkat Asia. Selain itu juga digelar Global Forum for Sustainable Resilience. (Abd)


« PREV
NEXT »