BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Guna Mempercepat Pembangunan di PPS, Pj Gubernur Lakukan Kunker di Kabupaten Mappi



Mappi - Suaraindonesia1, Guna mempercepat pembangunan Infrastruktur, Sumber Daya Manusia (SDM) dan pembangunan disektor lainnya, Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan (PPS) Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST. MT  bersama rombongannya lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Mappi. Tiba di bandara kepi kabupaten mappi, Pj Gubernur PPS bersama rombongan disambut meriah oleh pemerintah daerah kabupaten mappi dengan tari-tarian adat mappi.


Pertemuan perdana langsung dilaksanakan di Gedung Qhaindau Uri, Pj Gubernur PPS  yang didampingi Pj Bupati Mappi bersama tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, tokoh pemuda, pimpinan OPD, pihak Instansi vertikal, masyarakat dan  forkopimda. Pertemuan perdana yang dilaksanakan, guna membahas percepatan pembangunan dari semua aspek, situasi Kamtibmas, kesejahteraan masyarakat, toleransi antar umat beragama, potensi sumber daya alam dan pembahasan lainnya.



Dalam sambutan Pj Bupati Mappi Michael R. Gomar, S.STP., M.Si menyampaikan selamat datang kepada Bapak Pj Gubernur PPS bersama rombongan di kabupaten mappi dalam rangka Kuker, dan terima kasih karena dalam kesibukan di akhir tahun Pj Gubernur PPS bersama rombongan bisa meluangkan waktu untuk berkunjung di kabupaten mappi atau di kota sejuta rawa. Beberapa tugas dan amanah yang diberikan oleh pemerintah pusat terutama yang menjadi prioritas telah dilakukan kurang lebih selama tujuh bulan.


"Lalu pemerintah daerah telah merelokasikan Pegawai Negeri Sipil  (PNS) sebanyak 192 PNS untuk membantu di pemerintahan Provinsi Papua Selatan, dan pemerintah juga telah menghibahkan dana sebesar lima miliar kepada pemerintah Provinsi Papua Selatan. Dalam rangka persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pemerintah daerah di tahun 2022 telah memberikan dukungan dana sebesar satu  miliar kepada KPUD dan satu  miliar lagi kepada Bawaslu," ucap Penjabat Bupati Mappi dalam sambutannya belum lama ini.



Penjabat Bupati menjelaskan, kondisi sarana dan prasarana bangunan yang dipakai untuk pelayanan publik pada masyarakat hampir 70% persen disewakan atau dikontrak, dan  ini cukup membebani Anggaran Pendapatan Belanda Daerah (APBD) pemerintah daerah kabupaten mappi. Sehingga pemerintah daerah kabupaten mappi berharap kebijakan dan dukungan dari pemerintah provinsi papua selatan, terutama bangunan kantor-kantor supaya daerah ini mempunyai wajah pemerintahan seperti daerah-daerah lain.


Lebih lanjut Penjabat Gubernur PPS Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST. MT menerangkan, kepada Pj Gubernur diberikan empat tugas fungsi utama yakni, membentuk kelembagaan struktur organisasi pemerintahan provinsi, mempersiapkan sarana dan prasarana perkantoran dan infrastruktur untuk pelayanan publik, membentuk DPRP Papua Selatan, MRP Papua Selatan serta perangkat lainnya dan membentuk pemerintahan provinsi yang definitif. Berdasarkan tugas fungsi Pj Gubernur telah melaksanakan beberapa tugas fungsi seperti membentuk kelembagaan struktur organisasi pemerintahan provinsi, dan tugas fungsi lainnya akan tetap dilaksanakan.


"Saat ini pemerintah sedang upayakan untuk melakukan bimbingan kepada anak-anak mudah kita, dengan tujuan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk tahun yang akan datang, sehingga diharapkan  masyarakat dan stakeholder bisa memberikan dukungan penuh terhadap persiapan SDM. Harapan besar kita dengan mempersiapkan SDM anak-anak muda saat ini dengan baik, maka di tahun yang akan datang anak-anak kita yang berusia 30 sampai 40 tahun merekalah yang akan menjadi pelaku-pelaku pembangunan di semua sektor," jelas Pj Gubernur Papua Selatan.


Pj Gubernur menjelaskan, 15 tahun yang lalu negara Indonesia urutan ke tiga dengan jumlah generasi mudah terbanyak di Asia setelah negara Cina dan India, dan jika jumlah generasi muda banyak tetapi tidak didukung dengan kualitas, kualifikasi dan kompetensi yang tinggi, maka kita akan dikuasai oleh generasi dari negara lain. Oleh karena itu pembangunan SDM harus menjadi prioritas, dan semua OPD yang berkaitan dengan pembangunan SDM seperti pendidikan, kesempatan dan ekonomi harus memberikan dukungan penuh. [RED]

« PREV
NEXT »