BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

943 Calon Anggota PPS Di Bolmut Jalani Tes Tertulis

Bolmut,Suaraindonesia- Sebanyak 943 calon anggota panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara, mengikuti seleksi tes tertulis di masing-masing kecamatan, selasa 10/01/2023


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmut  Djunaidi Harundja SH., mengatakan calon anggota PPS tersebut mengikuti tes tertulis secara serentak di 6 kecamatan di Kabupaten Bolmut.


Ia menuturkan sebanyak 943 calon anggota PPS yang mengikuti tes tertulis dari 107 desa/kelurahan tersebut telah lolos administrasi


"Mereka yang tidak bisa mengikuti tes tertulis karena ada yang belum lengkap berkasnya, kemudian tidak dilanjutkan di aplikasi Siakba," katanya.


Menurut dia, tes tertulis dilaksanakan di Aula Kantor kecamatan di masing masing kecamatan


Harundja menyampaikan untuk anggota PPS nanti akan diambil tiga orang di setiap desa. Nanti akan diambil sembilan besar dari hasil tes tertulis ini.


"Tahapannya setelah tes tertulis dilanjutkan dengan tes wawancara diambil enam besar, yakni tiga menjadi anggota PPS dan tiga menjadi PAW," katanya.


Ia menuturkan yang bertugas membentuk PPK, PPS sampai KPPS adalah KPU, namun karena PPK sudah terbentuk di Kabupaten Bolmut, maka tugas ini dilimpahkan ke PPK untuk membantu KPU menyeleksi PPS atau KPPS.


Dalam perekrutan anggota PPS , katanya, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), maka ASN maupun perangkat desa bisa menjadi penyelenggara pemilu.


Menurut dia, integritas dan netralitas ASN maupun perangkat desa juga di butuhkan dalam penyelenggaraan pemilu., (Fhik)

« PREV
NEXT »