BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Kabag Ops Polres Nduga Dampingi Bupati Lauching Trayek Penerbangan Pesawat PT. AMA





Redaksi:Rahman.P


Nduga– Bupati Nduga Namia Gwijangge, S.Pd., M.si resmikan trayek penerbangan pesawat perintis kerjasama antara Pemda Kabupaten Nduga dan PT. Assosiated Mission Aviation. Pesawat PT. AMA menjadi pesawat dengan Subsidi termurah pertama di Provinsi Papua, Senin (5/09) Pagi.


Transportasi udara merupakan hal yang sangat penting di Provinsi Papua, Ini menjadi  satu-satunya sarana transportasi yang dapat digunakan bila ingin berpindah dari 1 kabupaten ke kabupaten lainya di Papua khususnya daerah pedalaman seperti Kabupaten Nduga.  Hutan lebat dan kontur yang rapat mengakibatkan sulitnya membuka akses transportasi darat untuk menjangkau antar 32 distrik di kabupaten Nduga.


Dengan kesulitan dan keterbasan tersebut menyebabkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan masyarakat saat hendak berpindah antar distrik ataupun antar kabupaten.


Biaya yang harus dikeluarkan tiap penumpang saat hendak menggunakan transportasi udara dapat menembus angka 1-3 juta rupiah. Di sisi lain di Kabupaten Nduga mata pencahrian masyarakat mayoritas adalah bertani dan berkebun yang pendapatannya bisa dikelompokkan sebagai masyarakat ekonomi menengah kebawah. Tentunya biaya menjadi kendala utama masyarakat untuk dapat menggunakan fasilitas transportasi udara ini.


Itulah yang berusaha ditekan Pemerintah Daerah Kabupaten Nduga melalui kerjasama dengan PT. Assosiated Mission. Kerjasama ini bertujuan untuk meringankan biaya tiket pesawat dengan memberikan subsidi kepada masyarakat yang hendak menggunakan transportasi udara.


Bupati Nduga Namia Gwijangge,Spd, Msi dalam kesempatannya mengatakan bahwa program kerjasama ini dilakukan demi kemajuan kabupaten Nduga dan agar semua dapat menikmati fasilitas transportasi udara.


"Ini demi masyarakat Nduga untuk kemajuan Kabupaten Nduga. Selama ini masyarakat harus membeli tiket pesawat dengan harga yang terbilang tinggi, 1 juta hingga 3 juta rupiah. Harga tiket yang mahal menjadi masalah untuk masyarakat ekonomi menengah kebawah. Sehingga pemerintah harus menjawab permasalahan ini, Puji Tuhan Direktur PT. AMA setuju untuk bekerjasama dengan Kabupaten Nduga hingga untuk melayani penerbangan bersubsidi khusus untuk masyarakat Nduga. Kedepannya untuk usia dewasa akan dikenakan biaya sebesar tiga ratus ribu rupiah sedangkan untuk usia 5-12 tahun dikenakan dua ratus ribu rupiah," ungkap Bupati.


Lanjut, Ia menambahkan akan ada dua jenis pesawat PT. AMA yang mengudara di langit Nduga yaitu jenis Cessna Caravan dan Pilatus Porter. 


"Akan ada dua jenis pesawat, Jenis Pilatus Porter akan melayani penerbangan ke 32 distrik di Nduga sedangkan Caravan akan melayani penerbangan antar kabupaten seperti Timika- Nduga-Wamena. Masyarakat yang hendak menggunakan pesawat ini dapat melaporkan diri di kantor PT.AMA di Timika atau Wamena dengan menunjukan KTP Nduga untuk mendapatkan Subsidi dari Pemda Nduga", kata Bupati Namia.


Ditempat yang sama Bob Kayadu selau Direktur PT. AMA menyampaikan ucapan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Pemda Kabupaten Nduga untuk melayani Masyarakat.


"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan Bupati dan jajarannya. Kabupaten Nduga adalah kabupaten yang pertama di Provinsi Papua memberikan subsidi hingga harga tiket penerbangan menjadi sangat murah yaitu 300 ribu rupiah. Saya berharap kabupaten Nduga bisa menjadi Kabupaten Percontohan. Kami memohon kerjasama dan dukungan dari semua pihak untuk menjaga fasilitas ini, menjaga crew dan pilot agar mereka bisa aman dan tenang melayani Kabupaten Nduga", ucap Bob.


Tokoh Masyarakat Nduga, Yanius Kogeya yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan ungkapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Daerah Nduga. Ini merupakan sebuah prestasi Pemda Nduga dalam hal membangun Kabupaten Nduga.



Jayapura, 5 September 2022


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua

« PREV
NEXT »