BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Hasil Pelaksanaan Hari Ketiga Operasi Ketupat Cartenz 2022, Personel Terus Tingkatkan Patroli dan Himbauan

 




Redaksi:Rahman.Permata


suaraindonesia1.com Jayapura – Hari ketiga pelaksanaan Operasi Cartenz 2022 atau H-2 lebaran berjalan aman dan lancar situasi di wilayah hukum Polda Papua dan jajaran relatif aman serta kondusif. Personel Ops Ketupat Cartenz 2022 terus meningkatan patroli dan himbauan.


Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengungkapkan secara umum situasi Kamtibmas dan arus lalulintas dihari ketiga atau H-2 lebaran aman, lancar serta kondusif.


“Personel gabungan terus meningkatan patroli, penjagaan dan pengaturan arus lalu lintas” ungkap Kamal saat diwawancarai di Media Center Humas Polda Papua, Sabtu (30/04).


Selain itu, ungkap Kombes Kamal personel Ops Ketupat Cartenz juga melaksanakan patroli ketempat-tempat wisata, pusat perbelanjaan dan pertokoan serta pusat-pusat keramaian.


Kombes Kamal menambahkan, Polda Papua dan jajaran juga menyiapkan Gerai vaksin untuk masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi.


“Kepada masyarakat yang belum vaksin baik dosis 1, 2 dan 3 bisa mendatangi ke gerai vaksin Polda Papua yang berlokasi di depan Mall Jayapura,” jelas Kamal.


Kemudian terkait dengan situasi Kamseltibcarlantas, Kamal membeberkan pelaksanaan hari ketiga Ops Ketupat Cartenz 2022 pelanggaran lalulintas di tahun 2022 sebanyak 269 perkara sedangkan di tahun 2022 sebanyak 126 perkara sehingga di tahun 2022 terjadi peningkatan sebanyak 143 perkara atau naik 113,49%.


“Dari pelanggaran tersebut personel memberikan tindakan tilang sebanyak 9 pelanggar di tahun 2022 sedangkan di tahun 2021 sebanyak 29 pelanggar sehingga di tahun 2022 terjadi penurunan sebanyak 20 pelanggar atau turun 68,97%,” ungkap Kamal.


Lebih lanjut Kombes Kamal menjelaskan jenis pelanggaran yang banyak dari hari pertama sampai hari ini adalah pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, kemudian melebihi batas kecepatan dan menggunakan HP saat berkendara.


“Kesadaran pengendara sepeda motor untuk menggunakan helm sampai dengan hari ini masih rendah, kemudian menggunakan HP pada saat berkendara juga dapat membahayakan diri,” jelasnya.


Sementara itu terkait kecelakaan lalulintas, kata Kombes Kamal dihari ketiga pelaksanaan Operasi Ketupat tahun 2022 terjadi peningkatan sebanyak 2 kasus dimana di tahun 2022 terjadi sebanyak 4 kasus sedangkan di tahun 2021 terjadi sebanyak 2 kasus.


“Dalam kecelakaan tersebut menimbulkan sebanyak 1 korban, orang yang mengalami luka berat 1 dan luka ringan sebanyak 2 orang,” kata Kabid Humas Kombes Pol Kamal.


Kombes Pol Kamal pun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi di Papua agar tetap aman dan kondusif serta menghindari kegiatan yang dapat mengganggu Kamtibmas.


“Mari kita hiasi bulan Ramadan jelang Idul Fitri ini dengan kegiatan keagamaan. Hindari kegiatan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain," pungkas Kamal.

  

  Jayapura, 30 April 2022

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua

« PREV
NEXT »