BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Antisipasi Krisis Masa Pandemi, Pemkab Pohuwato Gelar Bimtek Penguatan UMKM

(Foto : Istimewa)


Suaraindonesia1, Pohuwato - Pemerintah Kabupaten Pohuwato yang di wakili oleh Assisten Perekonomian dan Pembangunan, Rusmiyati Pakaya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek), pendampingan tata cara pendaftaran izin usaha bagi UMKM berbasis OSS-RBA, klasifikasi baku lapangan usaha Indonesia perpajakan/NPWP, dan Perseroan Perorangan, Kamis (18/11/2021) bertempat di Oma Coffe.


Dalam sambutannya, Rusmiyati Pakaya menjelaskan bahwa dampak dari krisis perekonomian global yang diakibatkan oleh adanya Pandemi Covid-19 telah menuntut pemerintah untuk tetap terus bergerak dengan berbagai ide untuk kembali memulihkan kondisi pertumbuhan perekonomian daerah. 


"Dampak dari krisis perekonomian global saat ini yang diakibatkan oleh adanya Pandemi Covid-19 menuntut kita untuk tetap terus bergerak dengan berbagai ide untuk kembali memulihkan kondisi pertumbuhan perekonomian dan berbagai sektor vital lainnya demi peningkatan kesejahteraan masyarakat daerah Pohuwato," ujarnya.


Terkait penguatan lembaga usaha, Rusmiyati juga menjelaskan bahwa pemerintah saat ini telah menerapkan  penataan kembali administrasi kegiatan usaha dari para pelaku usaha baik berskala mikro, kecil maupun menengah menggunakan sistem OSS-RBA yang berbasis pada resiko. 


"Penataan kembali administrasi kegiatan usaha dari para pelaku usaha baik berskala mikro kecil maupun menengah, dengan diberikannya kemudahan izin berusaha yang saat ini pemerintah secara nasional sudah menerapkan sistem OSS-RBA yang berbasis pada resiko dan tidak lagi berbasis pada perizinan," jelasnya.


(Foto : Istimewa)


Selain itu, Rusmiyati menambahkan tujuan dari Bimtek yang diadakan untuk penguatan pelaku usaha UMKM secara legal administratif, terutama dalam kepemilikan serta pemanfaatan nomor pokok wajib pajak (NPWP) dengan perizinan usaha melalui sistem OSS-RBA yang disesuaikan dengan kegiatan usahanya dan mengacu pada KLBI. 


"Pelaksanaan kegiatan ini memiliki tujuan untuk mendukung upaya penguatan pelaku usaha UMKM secara legal administratif, terutama dalam pemanfaatan (NPWP), perizinan usaha melalui sistem OSS-RBA yang disesuaikan dengan kegiatan usahanya dan mengacu pada KLBI serta dapat mendaftarkan usaha perorangannya melalui Kemenkumham," terangnya.


Di akhir penyampaian, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak terkait penyelenggaraan Bimtek tersebut. 


"Terima kasih kepada seluruh pihak terkait atas pelaksanaan kegiatan ini terutama project NSLIC/NSELRED," ucapnya.



MHD

« PREV
NEXT »