BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

PANTAU SITUASI KAMTIBMAS, KAPOLDA PAPUA TINJAU KABUPATEN YAHUKIMO





Pewarta:01

Jayapura-suaraindonesia1.com

 Pada hari Jumat tanggal 08 Oktober 2021, bertempat di Kabupaten Yahukimo, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K. bersama rombongan melakukan Kunjungan Kerja dalam rangka memantau Sitkamtibmas


pasca kerusuhan di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo tanggal 3 Oktober 2021.


Hadir dalam kegiatan yakni, Dir Reskrimum Polda Papua Kombes Pol Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, M.Si., Kasetum Polda Papua AKBP Penri Erison, S.Pd., MM., Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, SH., Dandim 1715/YHK Letkol Inf. Christian F.R. Ireuw, A.Md., Kapolres Yahukimo, AKBP Deni Herdiana, S.E, S.H., Wadansat Brimob Riau AKBP Raymond, Padal Satgas Gakkum Nemangkawi, AKP Zacharia Asgar, beserta para Personel yang hadir.


Rangkaian Kegiatan:

Pukul 11.35 WIT, Kapolda Papua bersama rombongan tiba di Bandara Nop Goliat Kabupaten Yahukimo selanjutnya menuju titik-titik bangunan yang dibakar akibat kerusuhan tanggal 3 Oktober 2021.


Pukul 12.10 WIT, Kapolda Papua menemui masyarakat pengungsi suku Yali di Gereja GIDI Evan Hastia Distrik Dekai, yang berjumlah sekitar 3000 orang.


Pukul 12.13 WIT, selanjutnya Kapolda melakukan pertemuan dengan Forkopimda Kabupaten Yahukimo di Gereja GIDI Evan Hastia Distrik Dekai.


Bupati Yahukimo, Didimus Yahuli, SH dalam sambutannya mengatakan kami mengucapkan terima kasih kepada Kepolisian karena kemarin sudah difasilitasi Polres untuk para pengungsi. Tak lain juga kepada Bapak Dandim kami ucapkan terima kasih atas 150 warga kami yang sudah ditampung di Koramil Yahukimo. Juga terima kasih atas bantuan pengamanan dari personel Brimob yang membantu dalam hal pengamanan.


Kami harap agar Sitkamtibmas di Kabupaten Yahukimo segera kondusif dan kehidupan masyarakat berjalan normal kembali.


Sementara itu, dalam arahannya Kapolda menyampaikan saya sangat mengapresiasi masyarakat Yahukimo yang bisa menjaga Sitkamtibmas kondusif, dimana perkiraan saya akan terjadi perang suku namun ternyata perkiraan saya salah dan saya sangat bangga kepada masyarakat Yahukimo.


Saya memberikan penghargaan tinggi kepada Bupati Yahukimo, Kapolres Yahukimo dan Dandim 1715/YHK karena sudah bersinergi untuk menjaga sitkamtibmas kondusif di Kabupaten Yahukimo.


Saya selaku Pimpinan di Kepolisian Khusunya Polda Papua akan proses hukum secara tegas kepada para pelaku aksi tanggal 3 Oktober 2021 kemarin termasuk aktor intelektuel. Kalau perlu kita akan proses di Kota Jayapura atau bahkan diluar Papua.


Kepada Bapak Bupati saya harap bersinergi dengan Polres Yahukimo, Kodim Yahukimo dan instansi terkait agar bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada para pengungsi. Kita dari Polda Papua juga akan bantu logistik pakaian, obat obatan, dll dari Jayapura dan akan kami kirim ke Yahukimo.

« PREV
NEXT »