BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Dua Desa di Pohuwato Terpilih Jadi Pilot Project DRPPA 2021



Suaraindonesia1, Pohuwato - Dua Desa yang ada di Kabupaten Pohuwato, terpilih menjadi Pilot Project untuk program Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) Tahun 2021.


DRPPA sendiri merupakan desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintah desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa, yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.



Program ini menjadi salah satu upaya sinergi mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) di desa.


Kadis DP3AP2KB, Hamkawaty M. Mbuinga, S.Pd, mengucapkan syukur atas terpilihnya Provinsi Gorontalo Khususnya Kabupaten Pohuwato sebagai Pilot Project program ini.


"Alhamdulillah kita termasuk dua Kabupaten yang menjadi Pilot Projek yaitu Pohuwato dan Bone Bolango," ujar Hamkawaty.


"Hari ini dimintakan dua desa yg menjadi pilot projeknya dan alhamdulillah kami sudah bisa memberikan dua desa tersebut yakni Torosiaje Jaya dan Tirto Asri," tuturnya.


Faldy Pakaya, Kades Torosiaje Jaya, Kecamatan Popayato Induk, menuturkan siap apabila desanya menjadi salah satu Pilot Project dari Program Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak.


"Saya bersyukur alhamdulillah desa saya dan Tirto Asri menjadi dua desa yang terpilih sebagai Pilot Project dalam program ramah perempuan dan peduli anak," kata Faldy, usai Rakor di Ruang Pola Kantor Bupati, Senin (11/09/2021).


Namun hal ini menurutnya juga harus menjadi introspeksi bahwa dengan adanya program ini, pemerintah desa harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap perempuan dan anak.


"Kita harus lebih meningkatkan dan mengembangkan kepedulian terhadap perempuan dan anak. Tidak ada lagi anak dibawah umur yang bekerja, tidak ada kekerasan dalam rumah tangga, serta bagaimana mengedukasikan pemberdayaan kelompok perempuan untuk berusaha," jelas Faldy.


Terakhir dirinya berharap untuk suksesnya program kegiatan ini agar selalu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah desa dan pemerintah daerah.


"Intinya harapan kami adalah kolaborasi antara pemerintah daerah yaitu jajaran OPD terkait dengan pemerintah desa," tutup Faldy.


Senada dengan Kades Torosiaje Jaya. Kepala Desa (Kades), Tirto Asri, Kecamatan Taluditi, Herson Towalu, sangat mengapresiasi program ini dan menyatakan siap untuk mesukseskannya.


"Saya sangat mengaperisasi dengan program yang ada dan kami pemerintah desa yang telah dipilih sangat siap untuk menjalanlan program tersebut," tandasnya.


Abd

« PREV
NEXT »