BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

KAPOLDA PAPUA PIMPIN PEMBUKAAN TAKLIMAT AWAL AUDIT KINERJA TAHAP II ITWASUM POLRI ASPEK PELAKSANAAN DAN PENGENDALIAN DI POLDA PAPUA T.A. 2021




Pewarta:Rahman.P

Jayapura-suaraindonesia1.com

 Pada hari Rabu tanggal 1 September 2021 bertempat di Aula Rastra Samara Polda Papua telah di laksanakan Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II Itwasum Polri Aspek Pelaksanaan dan Pengendalian di Polda Papua T.A. 2021 yang di pimpin oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri S.I.K.


Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Irwil IV Itwasum Polri Brigjen Pol. Mulyadi Kaharani M.Si. selaku Pengawas Tim dari Mabes Polri, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudy Sudarto, S.I.K., M.Si., Irbidjemen SDM II Itwil IV Itwasum Polri KBP. Dr. Siti Masitah Handayani M.Si selaku Ketua Tim, Auditor Itwil IV Itwasum Polri KBP. Satria Wiguna, S.I.K. selaku Sekretaris Tim, Irbigjemen Opsnal II Itwil IV Itwasum Polri KBP. Drs. Edy sukaryo selaku anggota, Irbidjemen Garkeu KBP. Nurullah, S.H., M.H. selaku anggota Tim, Anggota Itwasum Polri KBP. Sigit Pramuja Sigit Wahono S.I.K. Selaku anggota Tim, para PJU Polda Papua, ara Kapolres Jajaran Polda Papua dan staf.


Kegiatan diawali dengan sambutan Kapolda Papua yang dalam kesempatannya menyampaikan pada kesempatan ini saya selaku Kepala Kepolisian Daerah Papua mengucapkan selamat datang kepada Irwil Iv Itwasum Polri Beserta Tim di Polda Papua, serta terima kasih kepada hadirin sekalian yang telah hadir dalam acara Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Ini.


Terkait kebijakan dan strategi Itwasum Polri dalam pelaksanaan audit kinerja pada T.A. 2021 pada aspek perencanaan dan pengorganisasian, Itwasda Polda Papua telah   melaksanakan audit kinerja  terhadap 57 obrik (28 satker Polda Papua dan 29 satwil jajaran) dengan titik berat menyelenggarakan pengawasan ke arah layanan yang berkarakter quality assurance dan consulting service yang sekaligus melaksanakan prinsip-prinsip pelaksanaan pengawasan BPK-RI.


Dimana pengawasan ini dilakukan dengan menilai ketaatan terhadap peraturan perundang – undangan yang berlaku, menilai kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, menilai apakah kegiatan dilakukan secara ekonomis, efesien dan efektif serta mendeteksi adanya kecurangan / penyimpangan (fraud).


Hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan maupun penyimpangan, yang mana bila tidak ditindak lanjuti secara profesional dan proporsional dapat berdampak pada kegiatan yang mengakibatkan kerugian Negara dan pelaksanaan kegiatan yang tidak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.


Sementara itu, Sebagai informasi awal, prosentase realisasi anggaran Polda Papua s/d 31 juli 2021 baru mencapai 48,51 % dengan penjelasan, belanja pegawai 50,15 % belanja barang 57,06 % belanja modal 6,69 %.


Polda Papua juga memohon kepada tim, kiranya dapat menggunakan kapasitasnya selaku konsultan dalam rangka memberikan dorongan moril bagi para Kasatker terutama terhadap Polres Polres jajaran, sehingga bijak dan program pimpinan Polri dapat terwujud. Selanjutnya bilamana dalam pelaksanaan audit kinerja ini ditemukan adanya kekurangan dan atau penyimpangan, Polda Papua siap untuk memperbaikinya   dengan menindak lanjuti sesuai rekomendasi.


Kegiatan selanjutnya dilakukan taklimat Awal oleh Irwil IV Irwasum Polri, yang dalam sambutannya menyampaikan saya selaku pimpinan inspektorat pengawasan umum polri dan sekaligus sebagai penanggungjawab pelaksanaan audit kinerja, menyampaikan terima kasih kepada kapolda papua dan jajarannya atas penyambutan yang telah diberikan kepada tim audit kinerja serta kesiapan penyelenggaraan kegiatan audit kinerja di Polda Papua.


Saya mengapresiasi kepada Kapolda Papua serta jajarannya atas kinerja dalam penanganan covid-19 yang kerjasama dengan pemerintah daerah dan pemberdayaan fasyankes yang dimiliki oleh Polda Papua untuk melayani masyarakat dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19. 


Hal ini semua dilakukan sebagai tindak lanjut terhadap adanya 2 hal utama yang menjadi perhatian pemerintah saat ini yaitu program vaksinasi dan penanganan covid-19 melalui penerapan PPKM berbasis mikro yang diimplementasikan melalui pembentukan Kampung Tangguh Nusantara.


Selanjutnya guna mewujudkan jalannya audit kinerja yang lancar, saya mengharapkan adanya kerjasama yang baik dan saling keterbukaan antara audit dengan tim audit kinerja, sehingga kehadiran tim audit kinerja dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi pelaksanaan program dan kegiatan serta pengelolaan Keuangan Negara di Polda Papua beserta jajarannya.


Kepada tim audit kinerja Itwil IV saya perintahkan agar melaksanakan tugas secara profesional, dan kehadirannya harus dapat menjadikan konsultan yang solutif serta sekaligus mampu memberikan pencerahan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh auditi dan hasilnya dapat dipergunakan sebagai bahan untuk membenahi manajemen operasional dan pembinaan di Polda Papua dan Jajaran. 



Jayapura, 1 September 2021


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.

« PREV
NEXT »