BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Sejumlah Pewarta Mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik DPN PPWI Secara Online





JAKARTA -suaraindonesia1.com

Pemaparan materi pelatihan dasar jurnalistik yang diselenggarakan oleh DPN PPWI pada Sabtu (28-08-21) dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke 76 tahun.Meskipun cuma secara virtual,namun materi yang di sampaikan sangat jelas dan mudah di mengerti.




Adapun materi pemaparan menurut (Wilson Lalengke) meliputi 4 kaidah yaitu:

-Kaidah (pertama):Rumus kalimat,Rumus kalimat terdiri atas unsur subjek(S), predikat (P),objek(O), pelengkap (Pel),serta keterangan (K). Komposisi kalimat yang baik dan benar, harus menggunakan unsur tersebut dalam penulisan berita yang benar.Bagi wartawan diwajibkan menggunakan unsur-unsur tersebut.


Kaidah (kedua) yaitu struktur kalimat majemuk.struktur Kalimat majemuk ini di bagi menjadi tiga yaitu:

-kalimat majemuk setara

-kalimat majemuk bertingkat 

-kalimat majemuk campuran


Kaidah (ketiga) yaitu penggunaan tanda baca.Tidak kurang dari 15 tanda baca yang umum di gunakan dalam penulisan berita.Contoh titik(.),koma(,),tanda tanya(?),tanda seru(!),tanda titik koma(;)dan lainnya.


Kaidah (keempat) yaitu penggunaan imbuhan dan kata depan,serta fungsi kata awalan "di dan ke" sebagai imbuhan.



Adapun materi yang dipaparkan oleh pemateri (Mung Pujanarko SSOS MIKom) Mengenai pembuatan berita yang cepat,singkat,padat dan jelas dengan menggunakan metode Konsep Piramida terbaik dalam berita, meliputi (LEAD,BODY,CLOSING).serta praktek menulis "Quick Nwes"150 kata dalam waktu singkat.Beliau juga memberikan contoh penulisan yang akurat sesuai standar produk jurnalis.



Demikian pula yang disampaikan (Danny PH Siagian SE MM),Seorang praktisi jurnalis.Bang Danny menyampaikan pentingnya seorang jurnalis memeriksa serta mengedit berita yang di tulisnya apabila ada kesalahan,sehingga tulisan yang kita kirim ke redaksi tidak salah dalam penulisannya.


Beliau juga menekankan kepada jurnalis agar memeriksa dengan teliti hasil tulisan yang akan diberitakan.



Selain dalam suasana pelatihan ada juga sesi tanya jawab,serta kuis yang membuat suasana semakin menarik.



Syamsudin Pandawa Roel suaraindonesia.com

« PREV
NEXT »