BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Puluhan Jurnalis, Mahasiswa dan Pewarta Warga Antusias Ikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik



Jakarta - Suaraindonesia1.com, Puluhan jurnalis, Mahasiswa dan beberapa media antusias ikuti pelatihan dasar jurnalistik yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) dilaksanakn pada sabtu, (28/08/2021) melalui via zoom meeting. 


Acara pelatihan dasar jurnalistik tersebut dihadiri oleh para narasumber ketua umum  DPN PPWI Wilson Lalengke,S.Pd.M.Sc.M.A alumni lemhannas/pengelola media, Danny PH Siagian,SE.M.M/praktisi jurnalis, Mung Pujanarko,S.Sos.M.I.Kom/dosen ilmu komunikasi sekaligus penulis di beberapa media, pemandu acara Serepina Tiur Maida,S.Sos.M.Pd.M.I.Kom/dosen ilmu komunikasi. 


Pelatihan dasar jurnalistik dengan tujuan agar semua jurnalis khususnya media online agar bisa membuat satu tulisan tentang ilmu pengetahuan yang dikemas dengan moderen, sehingga bisa diterima oleh masyarakat luas khususnya kaum milenial. 


Dalam kesempatan ini, Wilson Lalengke, S.Pd.M.Sc.M.A memberikan materi kepada semua peserta tentang bahasa indonesia dalam jurnalistik dan sitizen journalism dalam sebuah tulisan hingga bagaimana cara memahami dan menerapkan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar dalam berkarya jurnalistik. 


Di sesi lain Danny PH Siagian, SE.M.M juga memberikan materi tentang editing berita,foto dan jurnalistik online ketika seorang jurnalis menerbitkan sebuah berita, Danny PH Siagian menyampaikan kepada para peserta bahwa pentingnya koreksi pada setiap tulisan dengan berulang kali sehingga berita menjadi baik dan bagus.


Pada sesi berikutnya Mung Pujanarko,S.Sos.M.I.Kom sebagai penulis di beberapa media sekaligus dosen ilmu komunikasi juga sebagai narasumber pada pelatihan jurnalis memberikan materi tehnik penulisan dan press release 5W-1H adalah unsur normatif yang wajib dipenuhi, di sesi ini para peserta diberikan banyak penjelasan mengenai menulis, mulai dari bagaimana cara kita menghadapi kesulitan dalam menulis hingga dapat membuat suatu tulisan yang baik dan menarik tentunya, dan menariknya lagi peserta diberikan simulasi membuat caption yang bagus. 


Di setiap sesi materi dimeriahkan dengan beberapa Quis pertanyaan kepada peserta dengan sebuah hadiah dari pemateri dan Aniroscolections yang di pandu langsung oleh Serepina Tiur  Maida,S.Sos.M.Pd.M.I.Kom dosen ilmu komunikasi.


Terakhir acara ini memberikan banyak manfaat bagi para peserta yang jumlanhnya 93 orang dari berbagai Provinsi di indonesia dan negara luar (paris), dan salah satu media suara Indonesia 1.com yang menghadirkan 29 orang Jurnalist sekaligus pemberian sertifikat secara simbolis kepada pimpinan redaksinya. 


Liputan: Zepriyanto R Muda

« PREV
NEXT »