BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

KAPOLDA PAPUA PIMPIN UPACARA SERTIJAB KARO OPS DAN KAPOLRES JAJARAN POLDA PAPUA




Pewarta : Rahman. P


Jayapura – SuaraIndonesia1.com

Pada hari Rabu tanggal 11 Agustus 2021 bertempat di Aula Rastra Samara Mapolda Papua telah dilaksanakan kegiatan Upacara Serah Terima Jabatan Karo Ops Polda Papua, Kapolres Biak Numfor, Kapolres Nabire dan Kapolres Puncak Jaya.


Kegiatan dipimpin langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K. dan hadir dalam kegiatan Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K.,M.Si., Irwasda Polda Papua Kombes Pol. Alfred Papare, S.I.K, Para Pejabat Utama Polda Papua, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas, SH., S.I.K., M.Pd. Kapolres Jayapura AKBP Dr. Victor D. Mackbon, SH., SIK., MH., M.Si. dan Kapolres Keerom AKBP Christian Aer, S.I.K. 


Kapolda Papua dalam sambutannya mengatakan, kegiatan Sertijab ini merupakan hal biasa, namun sangat penting di tubuh Kepolisian, dengan tujuan Regenerasi Kepemimpinan dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para perwira, untuk mengembangkan karier melalui jenjang penugasan yang beragam dan juga sebagai rangkaian kegiatan Tour Of Duty dan Tour Of Area. 


Disamping itu sebagai upaya penyegaran terhadap suasan managerial dan kepemimpinan yang penuh kreativitas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja polri dalam megantisipasi setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat.


Untuk diketahui bahwa pejabat yang diserahterimakan yakni Kombes Pol Jermias Rontini, S.I.K.,M.Si., yang menjabat sebagai Karo Ops Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kabagkermadian Ditbintarlat Akpol Lemdiklat Polri dan akan digantikan oleh Kombes Pol Tri Atmodjo Marawasianto, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Karo Ops Polda Papua Barat.


AKBP Kariawan Barus, S.H.,S.I.K.,M.H. yang menjabat sebagai Kapolres Nabire akan menduduki jabatan baru sebagai Wadirpamobvit Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP I Ketut Suarnaya, S.I.K.,S.H sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit I Ditreskrimsus Polda Papua.


AKBP Andi Yoseph Enock, S.I.K., yang menjabat sebagai Kapolres Biak Numfor akan menduduki jabatan baru sebagai Irbid Itwasda Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Adi Tri Widiyanto, S.H.,S.I.K., yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Puncak Jaya.


Kompol Ridwan, S.H., M.H. yang selanjutnya akan menduduki jabatan baru sebagai Ps. Kapolres Puncak Jaya.


Sebagai Pejabat Utama dan Kapolres di Jajaran Polda Papua, saya mengharapkan untuk segera beradaptasi dilingkungan kerja yang baru dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan saya harap dapat ditingkatkan, saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin.


Perubahan kondisi dinamis sangat terasa dalam pelaksanaan fungsi kepolisian. tampilan, sikap, perilaku, dan postur polri yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat harus berubah. transformasi polri dalam mencapai institusi yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan yang bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi menjadikan sumber daya manusia (SDM) Polri yang unggul di era police 4.0 (four point o), harus diwujudkan.


Dalam rangka menjaga marwah Kepolisian, saat ini Polisi dituntut untuk lebih bijak melayari gelombang politik yang selalu berubah dan segera fokus pada upaya untuk lebih meningkatkan integritas dan profesionalisme setiap personil Polisi. Perbaikan yang konsisten dan lompatan-lompatan inovasi pelayanan publik yang kian hari kian meningkat, akan hilang dari “collective memory” masyarakat, jika sejumlah oknum polri tetap melakukan ketidak profesionalan dalam mengamban tugas.


Melihat beberapa peristiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Wilayah Hukum Polda Papua, dimana saat ini masyarakat sangat mudah menyampaikan segala informasi yang ada di sekitarnya dengan cepat. dan diterima masyarakat lainnya dengan cepat pula ditempat lainnya. Mau tidak mau, suka tidak suka, perkembangan tekhnologi sudah mengubah kehidupan manusia dengan profesi apapun untuk bekerja semakin baik.


Saya harapkan, seluruh unsur pimpinan tidak bosan-bosannya untuk mengingatkan jajarannya agar dalam melaksanakan tugas dilapangan, utamakan tindakan persuasif, prefentif, dan pre emtif sehingga meminimalisir korban baik nyawa maupun materil serta menghindari pelanggaran-pelanggaran. Upaya pimpinan membangun lembaga Polri menuju kelas dunia (world class organization) juga akan runtuh seketika, saat masih ada oknum Polisi yang melakukan pungli dan kekerasan kepada masyarakat.


Disisi lain kita masih dihadapkan dengan adanya Pemungutan Suara Ulang di Kabupaten Nabire yang telah dilaksanakan,  namun demikian kita masih menunggu hasil PSU tersebut. Oleh karena itu selalu tingkatkan komunikasi dan kemitraan terhadap stakeholder, tokoh masyarakat dan tokoh adat untuk menghindari dampak yang akan terjadi paska putusan hasil PSU Kabupaten Nabire.


Sampai dengan saat ini, kita masih dihadapkan salah satu masalah sosial yaitu merebaknya pandemi covid-19 atau virus corona yang setiap hari memakan jumlah korban yang masih terus bertambah. Situasi ini menuntut respon Polri sebagai aparat penegak hukum dalam memainkan perannya dalam upaya pengendalian penyakit, edukasi kepada masyarakat, dan    penindakan   tindak   kejahatan yang  melihat wabah sebagai kesempatan untuk melakukan berbagai tindak kejahatan.


Sudah bisa dipastikan kebijakan politik dalam dan luar negeri akan mengalami perubahan secara unpredictable, relasi ekonomi-politik global sudah dipastikan mengalami pergeseran dengan berbagai variabel. tidak   hanya   masalah   kesehatan masyarakat yang menjadi isu besar efek wabah pandemi covid-19, tapi efek domino bergerak pada isu sosial, ekonomi bahkan politik. Situasi ini disadari berdampak serius kepada Kamtibmas. 


Kesadaran masyarakat untuk menerima vaksin, juga merupakan tantangan yang harus kita hadapi saat ini. Apalagi kaitannya dalam mempersiapkan penyelanggaraan PON XX yang akan digelar bulan Oktober 2021 dan Peparnas XVI 2021 di Provinsi Papua, dimana 70% masyarakat di sekitar venue PON harus sudah divaksin untuk menciptakan herd imunity.


Dilihat dari dinamika di atas, saya mengharapkan agar saudara-saudara dapat menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing dimana saudara menjabat, serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala   bentuk permasalahan keamanan yang terjadi diwilayah hukum Polda Papua, selain dari pada itu kepada seluruh personel Polda Papua, saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru. 


Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua.


Jayapura, 11 Agustus 2021


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.

« PREV
NEXT »