BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Hari Pertama Latihan Gabungan TNI AD – US Army, Skenario Tempur Dimulai dari Pantai



SuaraIndonesia1,Balikpapan,Kaltim  -  Latihan Bersama (Latma) Garuda Shield ke-15 tahun 2021 antara TNI AD dengan US Army mulai digelar, tepatnya sejak pukul 03.00 WITA, Kamis (5/8/2021) dinihari.

Mengacu pada jadwal dari Latma, pada hari ini merupakan pembuka yang dimulai dari beach landing atau serbuan pantai.

"Mereka berangkat dari Dermaga Semayang, kemudian bergerak bersama-sama pukul 03.00 Wita pagi kemudian tiba di Tanjung Harapan, Samboja sekitar pukul 07.00 WITA," kata Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Heri Wiranto.

Di mana untuk US Army menggunakan kapal LCU 2000 dan TNI AD menggunakan unit ADRI 45. Adapun dari bibir pantai, mereka mendarat dari jarak 1.800 meter, kemudian berjalan sejauh 500 meter sebelum melakukan serbuan.

Mayjen TNI Heri Wiranto yang juga mengampu sebagai Wadanlatma Garuda Shield tahun ini mengatakan, kekuatan masing-masing sebanyak 1 batalyon yang terdiri dari 1 kompi kanan dan 1 kompi kiri.

setelah itu melakukan serbuan pantai atau beach landing, kemudian melaksanakan kegiatan lanjutannya. "Materinya dalam rangka pelatihan, di mana pelatihan ini secara bertahap akan dilaksanakan pertempuran di darat," jelasnya.

Sepanjang pengamatan Mayjen TNI Heri Wiranto, latihan ini berjalan cukup kondusif.

Bahkan ketika meninjau prajuritnya, ia mengklaim masih ada semangat dari wajah para prajurit.

"Sejauh ini, selama pengamatan langsung kami, berjalan lancar. Harapan tentu kita mendapat satu kemampuan dalam operasi tempur darat," ucapnya. (spr)*

« PREV
NEXT »