BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Kasus Covid-19 di Samarinda Meningkat RSUD AWS Dipenuhi Pasien Covid-19, Pelayanan Ditutup Sementara



SuaraIndonesia1,Samarinda,Kaltim  -  [17.32, 15/7/2021] Ary2: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) saat ini kewalahan dalam menangani pasien Covid-19 di Kota Tepian. Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) di rumah sakit plat merah tersebut sudah tak menerina pasien karena penuh. 

Hal ini diungkapkan Kepala Instalasi Humas dan Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD AW Sjahranie, dr Arysia Andhina saat ditemui, Kamis (15/7/2021).

Diterangkannya saat ini IGD Covid-19 di RSUD AWS sudah penuh karena terjadi stagnansi, pasien yang berada di IGD tidak bisa masuk ke ruang perawatan karena sudah tak tersisa ruangan kosong sejak Rabu (14/7/2021). 

"Semua ruangan sudah penuh, tetapi ini bersifat sementara. Jika sudah ada distribusi dari IGD, mungkin ruangan IGD sudah bisa kami buka kembali. Seperti beberapa hari lalu, IGD kami penuh, makanya kami tutup. Setelah pasien sudah dipindahkan, IGD akan kembali dibuka," terang Sisi sapaan akrabnya. 

Pihak RS pun sudah menambah dua ruang perawatan isolasi Covid-19, karena telah memprediksi akan terjadi lonjakan pasca lebaran lalu. Tetapi kendalanya saat ini beberapa tenaga kerja RSUD AWS terpapar Covid-19, sehingga pelayanan menjadi tidak optimal. 

"Meski ruangan ditambah, secara otomatis SDM juga harus tersedia. Sayangnya ratusan lebih tenaga kerja kami terpapar Covid-19. Tapi sebagian sudah ada yang sembuh dan sisanya masih isolasi mandiri (isoman). Hal inilah juga membuat pelayanan menjadi terhambat akibat hal tersebut," tandasnya. 

Sehingga lanjut kata Sisi, ia menyarankan agar pasien Covid-19 yang ingin mendapat perawatan di rumah sakit bisa mengkonfirmasi dan membuka link atau aplikasi sistem informasi rawat inap (Siranap) untuk mencari ketersediaan bed di seluruh rumah sakit di Kaltim. (spr)*

« PREV
NEXT »