BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - Dukung Program PK21, Saipul Mbuinga Jadi Orang Pertama Yang Didata PPKBD



Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, mendukung program Pendataan Keluarga (PK21), yang dilaksanakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

Bupati Saipul, bahkan menjadi orang pertama yang didata oleh tim PPKBD bersama PLKB, dan pendataan keluarga ini menjadi sesuatu yang penting bagi Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dalam menyediakan basis data keluarga untuk intervensi program pembangunan keluarga. 


"Saya berharap agar pendataan keluarga yang menjadi program BKKBN ini sukses terlaksana terutama di Kabupaten Pohuwato. Olehnya seluruh masyarakat harus mendukung dan bersedia untuk di data. Karena pendataan keluarga ini dilakukan serentak setiap lima tahun sekali melalui kunjungan ke keluarga dari rumah ke rumah," jelas Bupati Saipul. 

Sementara itu, Ketua Ikatan Penyuluh KB Pohuwato, Fitriawaty Abdullah, menyampaikan pendataan dimulai 1 April hingga 31 Mei 2021. dan dilakukan oleh kader pendata yakni PPKBD yang ada di seluruh dusun se Kabupaten Pohuwato. 

"Sengaja diambil kader pendata dari dusun karena mereka yang tahu kondisi masyarakat yang ada di dusun tersebut. Semisal pak Bupati yang tinggal di Desa Palopo, Dusun Mekar Indah maka PPKBD dusun itu yang melakukan pendataan dan didampingi oleh PLKB kecamatan," terangnya. 

"Dalam pendataan keluarga ada dua metode yang digunakan yakni metode Smart Phone dan metode formulir. Bagi masyarakat yang tidak tahu memegang atau melakukan Smart Phone maka mereka menggunakan formulir dan nantinya penyuluh KB yang akan menginputnya," pungkas Fitriawaty. 

Abd. Azis
« PREV
NEXT »