BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - WAKAPOLDA PAPUA : MELALUI PROGRMA “PI AJAR” POLRI HADIR UNTUK MEMBERIKAN PENDIDIKAN BAGI GENERASI MUDA PAPUA



Pewarta : Rahman. P

Jayapura – SuaraIndonesia1.com
Pada hari Minggu tanggal 21 Maret 2021, bertempat di Taman Baca Kwamki Narama Kabupaten Mimik, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto S.IK., M.Si, menyampaikan, kisah awal hadirnya Polisi Pi Ajar di Papua.

Jika ditarik sejarah polisi dari waktu ke waktu ada namanya polisi sahabat anak, ada Polisi Patroli Sekolah (PKS), juga ada Saka Bhayangkara dapat simpulkan Polisi dari masa kemas memang sudah akrab dengan dunia pendidikan. 

Namun pada saat kami melakukan edukasi khususnya  di Papua, Binmas Noken  mengembangkan program tersebut dengan kearifan lokal yg dinamai program "Polisi Pi Ajar".

Konteks sebenarnya dalam  Polisi Pi Ajar  adalah bagaimana polisi membangun hubungan dengan generasi masa depan, yang mudah dijangkau dan sederhana bagi anak-anak. Obrolan polisi degan anak anak tidak harus rumit, akan tetapi dengan bahan ajar yang sifatnya fun, memori anak-anak akan terus indah bersama Pak Polisi.  

Hingga tertanam bahwa polisi ternyata sosok petugas yg menyenangkan,  dan helpful atau suka membantu. Saya berharap program ini  terus dikembangkan,  karena menurut saya pendidikan adalah jendela mata hati dan jendela dunia. Tak kenal dengan dunia pendidikan akan membuat generasi muda menjadi generasi yang tidak tau arah masa depan.

Pendidikan itu ternyata di daerah Papua ini barang mahal, kita mungkin disini masih bisa mendapatkan banyak materi dari Sekolah. Akan tetapi khususnya di daerah pegunungan Tengah Papua, tidak bisa mudah bagi anak-anak untuk memperoleh materi.

Maka menjadi tugas kami  yang memiliki fasilitas untuk bisa mengembangkan pendidikan, tugas dan tanggungjawab kita untuk mengawal masa depan anak bangsa. Jadi semangatnya adalah pendidikan itu diperoleh dimanapun tetapi pengaruh juga bahwa siapa yg membawa pendidikan itu akan tertanam bagi anak-anak. 

Saat ini tugas Polri tidak hanya di represif atau penegakan hukum tetapi juga preentip maupun preventif, Soft power policing atau soft approach policing. Polisi menggunakan cara-cara kemanusiaan dalam menjalankan tugasnya sebagai aparat keceriaan buat anak anak. 

Kedepan saya yakin dan percaya semua Polres jajaran di Papua akan memiliki unit “Polisi Pi Ajar". 


Jayapura, 21 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.
« PREV
NEXT »