BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - Pembukaan Kegiatan Workshop Teknis Penyusunan LKIP dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Bolmut



BOLMUT, SUARAINDONESIA1__Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Rachmat R Pontoh SH, M,Si membuka secara resmi kegiatan Workshop Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Kabupaten Bolaang Mongondow Utara yang bertempat di Gedung Boroko Convention Canter, Hotel Boroko.

Turut Hadir juga dalam pembukaan kegiatan itu, Kepala Biro Organisai Sekertariat Daerah Provinsi Sulut Fony lumenge SH, MH, Serta Jajaran, Asisten Adimistrasi Umum Sekda Bolmut, Uteng Datungsolang S.Pd, M.Si, Kepala Bagian Organisasi, Atri Duran SP, MM, SekdaBolmut, Para Kasubag Proglap, serta pesrta Workshop.

Dalam sambutan Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat menyampaikan bahwa sebagai mana instruksi presiden RI nomor 7 tahun 1999 tenteng Akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, yang mewajibkan kepada setiap instansi pemerintah sebagai unsur penyelenggara pemerintah negara untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas pokok, fungsi serta kewenangan pengelolaan sumber daya dengan didasarkan pada suatu perencanaan strategi yang ditetapkan oleh masing masing instansi.

Wujud pertanggung jawaban dimaksud berupa laporan yang disampaikan kepada atasan masing masing, lembaga lembaga pengawasan dan penilaian akuntabilitas dan akhirnya disampaikan kepada Presiden selaku kepala pemerintah. Laporan tersebut menggambarkan kinerja instansi pemerintah yang bersangkutan melalui sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP).

Lebih Lanjut dikatakan bahwa sistem AKIP juga menuntut kepemimpinan yang baik, tangguh, dan transparan serta memiliki visi jauh kedepan dan mampu memotivasi seluruh jajaran di instasnsinya masing masing untuk merealisasikan visi dan misi organisasi.

Dijelaskan bahwa Melihat hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Kabupaten Bolmut dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini, memperlihatkan trend peningkatan nilai setiap tahunnya, dimana pada tahun 2017 memperoleh nilai 45,68 dengan predikat "C", kemudian tahun 2018 memperoleh nilai 53,38 dengan predikat "CC", dan tahun 2019 berhasil memperoleh nilai 60,09 dengan predikat "B". Saya berharap ini menjadi perhatian kita bersama agar apa yang diraih saat ini menjadi motivasi kepada kita semua jajaran perangkat Daerah, supaya kedepan terus membangun kolektifitas kerja tim, dengan demikian saya memberi target kepada tim penyusun LKIP kabupaten bolmut, untuk hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 mendatang harus memperoleh predikat "BB". Dan seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah yang mempunyai peranan dalam mencapai paripurnanya penyusunan LAKIP.


Pewarta__Fikrianto M
« PREV
NEXT »