BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - Musrembang Kabupaten Bolmut Tahun 2021 Dalam Rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan Perubahan RPJMD Tahun 2018-2023



BOLMUT, SUARAINDONESIA1__Bupati Bolaang Mongondow Utara Drs. Hi. Depri Pontoh Membuka secara resmi Musrembang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara tahun 2021 dalam rangka Penyusunan RKPD Tahun 2022 dan perubahan RPJMD Tahun 2018-2023 yang bertempat di Aula kantor Bapelitbang.

Turut Hadir Ketua TP PKK Bolmut Dra. Hj. Ainun Pontoh Talibo, Wakli Bupati Bolmut Drs. Hi. Amin Lasena M.AP, Forkopimda Bolmut, Ketua Pengadilan Agama Boroko, Sekertaris Daerah Bolmut Dr. Drs. Hi. Asripan Nani M.Si, Kepala Bapelitbang Provinsi Sulut Atau Yang Mewakili, Pimpinan DPRD Bolmut. 

Serta Anggota DPRD, Para Asisten Sekda Bolmut, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Kepala BPS, Bolmut, Kepala Kantor Badan Pertahanan Bolmut, Kepala Kantor Kementrian Agama Bolmut, ketua KPUD Bolmut, Pimpinan OPD, Ketua Beserta Pengurus PWI Bolmut, Para Camat Se kabupaten Bolmut, Pimpinan BUMD, Pimpinan Perbankan, Akademisi, Organisasi Keagamaan, Organisasi Pemuda dan Masyarakat, dan para Aparatur di jajaran Pemerintah Daerah.

Dalam sambutan Bupati Bolmut Menyampaikan bahwa penyelenggaran musrembang merupakan amanat undang-undang sebagai salah satu tahapan dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD untuk tahun mendatang sehingga harus dilaksanakan, maksudnya bahwa musrembang sebagai forum multi pihak yang dilaksanakan secara terbuka dapat mengidentifikasi dan menentukan prioritas kebijakan pembangunan serta berfungsi sebagai proses negosiasi, rekonsiliasi, harmonisasi perbedaan antara pemerintah dan pemangku kepentingan non Pemerintah.

Dikatakan bahwa seperti sebelumnya, tahun inipun kita mengalami Re-Alokasi anggaran, yang tentunya akan berdampak pada perencanaan pembangunan pada APBD tahun 2022. Olehnya bertitik tolak dari berbagai permasalahan, potensi, dan tantangan pembangunan. Di kabupaten bolmut yang ada saat ini serta memperhatikan RPJPD kabupaten bolmut tahun 2005-2025, RPJMD tahun 2018-2023, arah kebijakan pembangunan provinsi sulawesi utara tahun 2022, dan arah kebijakan pembagunan nasional tahun 2022 ditetapkan Tema yaitu : Melanjutkan Pembagunan Bidang Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur, dan Ekonomi untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat.

Ada pun Prioritas dan sasaran pembagunan sebagai Berikut; 

Penurunan angka kemiskinan dan    pengangguran, masyarakat dan  menurunnya beban pengeluaran  keluarga miskin.

Peningkatan kualitas sumber daya  manusia, dengan saran, meningkatnya  kualitas Pendidikan masyarakat dan  meningkatnya derajat kesehatan  masyarakat.

Peningkatan daya saing produk              unggulan daerah, dengan sasaran,        meningkatnya pengelolaan potensi  unggulan lokal daerah.

Penyerdarahaan birokrasi dan  peningkatan pelayan publik, dengan  sasaran, meningkatnya kualitas  penyelenggaraan pemerintah dan  pelayanan publik yang Resfionsip dan    dan akuntabel.

Penerapan infrastruktur dasar dan    penunjang, dengan sasaran,  meningkatnya pelayanan infrastruktur  yang mendukung performa wilayah,  meningkatnya pengendalian  pemanfaatan ruang dan meningkatnya  pengelolaan lingkungan hidup.

Lebih lanjut lagi, kelima prioritas pembagunan tersebut, hendaknya menjadi perhatian dan acuan bagi kita semua dalam merencanakan program/kegiatan tahun 2022 terlebih kita akan melaksanakan kegiatan kegiatan penting sebagai bentuk re-strukturisasi kegiatan kegiatan yang dihilangkan atau digeser akibat penanganan covid 19 pada APBD tahun 2021.

Diakhir sambutanya, Bupati mengatakan  pemerintah kabupaten bolmut berkomitmen untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembagunan, sehingga apa yang menjadi tujuan pembagunan bolmut  dapat kita wujudkan bersama. Sehingga pemerintah memberikan peran yang lebih pada masyarakat.

Untuk itu, mari kita manfaatkan forum musrembang ini seoptimal mungkin, berikan banyak masukan dan informasi dengan tepat memperhatikan aspek pemerataan, keterpaduan program/kegiatan antara perangkat daerah sesuai skala prioritas dengan mempertimbagkan keuangan daerah, sehingga diperoleh rumusan rumusan positif mencerminkan kebutuhan Riil masyarakat dan mampu mendukung kemajuan pembagunan di Kabupaten Bolmut sesuai dengan visi yaitu, Mewujudkan Bolaang Mongondow Utara Yang Berkelanjutan, Mandiri, Berbudaya dan Berdaya Saing, Tutup Bupati Dua Periode itu.



Pewarta___ Fikrianto M
« PREV
NEXT »