BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - DANDIM/0117 LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI ANTISIPASI KARHUTLA.




SUARA INDONESIA-ATAM- Komandan Kodim 0117/Aceh Tamiang Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita melaksanakan Rakor (Rapat dan Koordinasi) antisipasi penanganan karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang, bertempat di Aula sedakap Aceh Tamiang, Kamis (18/03/2021).

H. Mursil SH Mkn (Bupati Aceh Tamiang) mengatakan Rapat koordinasi dilaksanakan untuk menindaklanjuti dari kegiatan apel yang telah dilaksanakan terkait Gelar Kesiapan Personil, Peralatan Dan Simulasi Penanganan Karhutla.

Beliau menambahkan Koordinasi dilaksanakan untuk mengetahui kesiapan personel maupun sarana pendukung dalam penanganan karhutla, sehingga kegiatan penanganan karhutla di bisa berjalan dengan optimal Dan Penandatanganan MOU Karhutla antara Polres Aceh Tamiang dan Pemilik HGU Se-Kabupaten Aceh Tamiang, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan langkah dalam upaya penanganan, serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang ada di Wilayah Kabupaten Aceh Tamiang," ujarnya.

Ia menjelaskan Karhutla dapat disebabkan oleh manusia baik secara disengaja maupun tidak dan faktor alam yang disebabkan oleh kemarau berkepanjangan, sehingga diperlukan pendekatan secara bertahap agar masyarakat dapat memahami dan menyadari bahwa pentingnya melesestarikan hutan," tutupnya.

Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita (Dandim 0117/Atam) mengatakan Untuk mendukung program Pencegahan Karhutla perlu dilakukan koordinasi, Bisa mengaplikasikan sistem pencegahan karhutla, karena dalam penanganan karhutla lebih efektif lebih mengoptimalkan pencegahan. 

Ia mengatakan di Provinsi Jambi telah dipasang aplikasi Asap Digital berupa monitoring cctv yang dipasang di menara. Bila terjadi kebakaran, alat akan memberikan informasi kepada oprator sehingga cepat dalam penangan kebakaran. semoga alat ini bisa diterapkan di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang," ungkapnya. 

Letkol Cpn Yusuf Adi Puruhita menambahkan memasuki musim panas, maka menjadi potensial terjadi kebakaran dimana banyaknya lahan sawit di wilayah kabupaten Aceh Tamiang. Dengan itu mari kita bersama-sama menjaga dan memantau wilayah Kabupaten Aceh Tamiang jangan ada masyarakat yg membakar hutan dan lahan lg," tambanya.

Sementara itu Kapolres Aceh Tamiang AKBP Ari Lasta Irawan, S.I.K., Mengatakan 6 poin mengatasi karhutla di kabupaten Aceh Tamiang 
1 Prioritas pencegahan karhutla melalui konsolidasi dan koordinasi yg baik,
2. Bangun infrasturtur dan monitoring 
3. Cari solusi permanen untuk mencegah karhutla di tahun mendatang (diabngun sistem yg berkesinambungan)
4. Lanjutkan penataan sistem gambut untuk menjaga ketersediaan air tanah.
5. Tanggap dan antisipasi titik api yg kecil 
6. Langkah penegakan hukum harus dilakukan tanpa kompromi secara tegas dan keras bagi pelaku karhutla.

Hadir di antaranya yang dihadiri H. Mursil SH Mkn (Bupati Aceh Tamiang), (Kapolres Aceh Tamiang), (Dandim 0117/Atam), Drs.  Amiruddin (Asisten Pemerintahan Kab. Aceh Tamiang), M. Husni (Kabid Pencegahan Penanggulangan Bencana BPBD Aceh Tamiang), dan Perwakilan perusahaan kelapa Sawit diwilayah Kab. Aceh Tamiang.(edi.s)
« PREV
NEXT »