BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - Si Jago Merah Memporak Porandakan Kawasan Gunung Kemundur, Balikpapan,sedikitnya 20 Rumah Ludes.


Balikpapan,Skrinews,Kaltim   -  Terjadi kebakaran hebat di kawasan bukit Gunung Kemendur Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada hari Minggu (2/8/2020. Puluhan rumah yang terletakl di kawasan perbukitan depan Pantai Melawai , tak jau dari Kantor KPU Balikpapan hangus dilalap Si Jago merah selama kurang lebih 4 jam.
Tiga Unit watercanon dikerahkandan 16 unit dibantu dari URC Polresta Balikpapan ke lokasi. Ketua Rt 9 Eddy Rasyid menjelaskan apai pertama kali muncul dari rumah warga sekitar pulul 21.30 Wita, kemudian api menyebar lantaran angina yang cukup kencang dari arah laut.
Berdasarkan data sementara yang berhasil dihimpun oleh BPBD Kota Balikpapan, sebanyak 30 Unit Rumah terbakar sehingga menyebabkan 24 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 77 jiwa kehilangan tempat tinggal. Kini para korban kebakaran itu terpaksa harus mengungsi keruamh kerabat atau saudara terdekat.
“Jumblah rumah yang terbakar kurang lebih 20 sampai 30 unit rumah dan kini masih kita harus kroscek lagi. Kita kerahkan armada pemadam sebanyak 16 Unit dari URC Polresta Balikpapan, Pertamina dan Suplai Air dari PDAM jadi total keseluruhan 20 unit,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno.
Data sementara terdapat 24 KK atau 77 Jiwa yang menjadi Korban amukan si Jago merah. Kapala BPBD Balikpapan Seseno menuturkan proses pemadaman si jago merah sedikit mengalami gendala, akses masuk pemadam sempit karena perumahan warga padat dan berada di lereng bukit yang cukup terjal sehingga pihaknya harus bersusah paya melakukan penjinakan amukan si jago merah.
Bahkab salah satu petugas BPBD harus dilarikan ke Rumah SAKIT Bhayangkara lantaran kelehan dan tambah lagi terjebak di dalam kepulan asap kebakaran. “Memang saat proses pemadaman kebakaran ini banyak hambatan, karena yang pertama lokasi kebakaran berada dibukit yang terjal kemudian aksesnya kendaraan tidak bisa masuk sehingga kita harus gunakan selang panjang. Si Jagi merah berhasil dijinakan setelah kurang lebih 4 jam,” ujar Kepala BPBD Suseno.
“Petugas kita tadi kelehan dan terkepung asap tebal d atas gunung sana saat berusaha menjinakan Si Jago Merah, tapi alhamdulilah sudah dilarikan ke Rumah Sakit, untuk mendapatkan perawatan medis, Dia tidak apa-apa hanya kelehan saja,”katanya.
Si Jago merah dapat di jinakkan sekitar pukul 01.00 Wita. Aparat gabungan dari TNI-Polri dikerahkan untuk melakukan pemantoan di lokasi kebakaran guna mengantisipasi terjadinya kebakaran susulan. Skrinews.com/spr*
« PREV
NEXT »