BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - "Membuang Sampah Sembarangan " Kepala Desa Watutumou II Bersama Aparat Desa Meletakan PETI MATI


Nasional Skrinews
Sulut-Minut.
Upaya Pemerintah Desa Watutumou II kecamatan kalawat kabupaten minahasa mengenai membuang sampah sembarangan Sudah berbagai macam cara yang di lakukan pemerintah Desa agar warga yang melintasi Ruas jalan Manado Bitung tepatnya di seputaran Denzipur AD Kalawat Maumbi agar Tidak membuang Sampah.

Beberapa cara pemerintah Desa yang dilakukan yakni dengan membuat Peraturan Desa (Perdes) Nomor III Tahun 2019 tentang kebersihan, keindahan dan kesehatan lingkungan, yang mengatur dan membuat sanksi serta larangan bagi orang untuk tidak membuat sampah sembarangan.

Sanksinya Berupa Denda Rp.500.000 Bagi warga yang kedàpatan membuang Sampah sembarangan.
Bahkan Membuat Pos Penjagaaan selama 1×24 Jam selama Seminggu Oleh Warga Bahkan Bersama sama dengan TNI-POLRI.Hasilnya selama dalam penjagaan terjaring
sekitar Puluhan orang yang bukan berasal dari warga Watutumou II, melainkan warga dari luar Desa.

Sayangnya, ketika pemerintah desa serta Warga berhenti melakukan penjagaan, masih banyak warga yang kembali membuang sampah sembarangan.

“Di Saat tempat tersebut sudah tidak lagi dijaga, ada juga orang yang buang sampah disitu, sehingga Muncul berupa ide dari kami pemerintah desa untuk meletakkan peti mati disitu, dengan tulisan Kami berduka cita atas matinya hati nurani dari sebagian orang terhadap kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup,”Ujar Kades

Lanjut ,Peletakan peti mati tersebut, menurut Kepala desa tidak bermaksud apa-apa selain menggugah Hati orang-orang yang buang sampah disembarang tempat.

Maksud dari semua ini agar supaya mereka boleh menyadari bahwa kebersihan itu penting, kebersihan itu adalah sebagian dari iman, tentunya sebagai orang beriman marilah kita jaga bersama-sama kebersihan lingkungan kita,” Ujarnya.

Ketika Skrinews Menghubungi Camat Kalawat Bpk Alexander Warbung Lewat Telpon Selulernya,Menghimbau dan Mengajak kepada Warga Agar berhentilah membuang Sampah sembarangan,Selain mengganggu Pendangan yang jorok dan kotor Juga membahayakan kesehatan kita semua.Ujar Camat Alexander Warbung Yang sangat Familyar ini.

peliput : R Nelwan
« PREV
NEXT »