BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - DESA PANGAHU TERPENCIL TAPI SUKSES MEMBANGUN KADES HARIS MAIJI SANGAT BERPRESTASI

Nampak pada gambar Kades Pangahu Haris Maiji, Desa sangat terpencil.
(Foto Tim Skrinews Risman) 


Asparaga, Skrinews. Sesuai hasil penulusuran dan Pemantauan Tim Investigasi Wartawan dilapangan menyebutkan bahwa kecamatan Asparaga Kab Gorontalo adalah kecamatan yang paling ujung Barat dari Kab Gorontalo berbatasan dengan Kab Boalemo dan terdapat sebuah gunung tertinggi di Provinsi Gorontalo Yakni Gunung, Boliyohuto yang didalamnya mempunyai Hutan Lindung yang sangat luas dan didalamnya terdapat beberapa jenis Satwa langka, antara lain, orang Hutan (Polahi), yang tidak pernah ada di Daerah lain bahkan di Negara lain, Babi Hutan yang sangat terkenal didunia dan dilindungi oleh Pemerintah  Menurut catatan yang berhasil dikumpulkan tim investigasi Wartawan dilapangan menyebutkan bahwa kecamatan Asparaga terbagi 10 Desa dan terdapat tiga Desa adalah Desa yang sangat terpencil yaitu Desa Pangahu, Bihe dan Desa Tiohu.
Nampak pada gambar Kades Pangahu Haris Maiji bersama keluarga. 
(Foto Tim Skrinews Risman)



Berikut ini sekilas situasi dan keadaan Desa Pangahu yang dijelaskan Kades Pangahu Haris Maiji, selama ini ia bekerja mengendalikan roda Pemerintahan dan kemasyarakatan, yang dibantu oleh seluruh staf perangkat Desa yakni Sekdes Hendra Susanto, Kasie Pemerintahan Nanar Antu, Kasie Kesejahteraan Apris Sugiyanto R Sude, Kasie Pelayanan Irawati Manoarfa; Kaur Perencanaan Tonis B Gole, Kaur TU dan Umum Sriyusni Popalo Kaur Keuangan Zein Safitrah Yantu. Desa Pangahu dimekarkan dari Desa Mohiyolo pada Bulan Februari 2002 terbagi 6 Dusun.



Sejak terpilih sebagai kades Pangahu Haris Maiji selama ini dalam melaksanakan tugas menjalankan roda Pemerintahan Desa dibantu oleh 6 Kepala Dusun sebagai ujung tombak yaitu Kadus Alawahu Elis Badu, Kadus Diyanga Suleman Lasena, Kadus Tonala Risman Yanji,  Kadus Silih Asih Fitriyanti Djafar, Kadus Mootinelo Mohammad P. Nusa, Kadus Buyuo Jemmy Harimu. Kades Pangahu Haris Maiji terpilih 2017 dan dilantik 20/11/17.
Nampak terlihat indah bangunan Rumah Bantuan BSPS di Desa Pangahu di Daerah terpencil tapi refresentatif.(Foto Tim Skrinews Risman)

 Lebih lanjut dikatakan kades ini sebelunya adalah Sekdes yang kemudian terangkat menjadi PNS dan terpilih Kades hingga kini memimpin Desa Pangahu telah berhasil meraih berbagai Prestasi, ia bekerja tanpak pamrih yang ditunjang oleh dedikasi dan kredibilitas yang sangat tinggi dan mampuh menggali serta mampuh memanfaatkan potensi Desa utamanya  melakukan berbagai Program Pembangunan pemberdayaan peningkatan ekonomi rakyat terlebih untuk pemanfaatan  Dana ADD APBD 424 juta lebih  dan  dana Desa anggaran APBN   939  juta leboh dan ditambah dana Retribusi Daerah 21 juta lebih sehingga anggaran total 2020,. 1,2 M lebih yang terdiri dari bersumber APBD kab Gorontalo yang sangat dibanggakan Desa Pangahu pada 2020 mendapat bantuan Stimulan Perumahan Swdaya BSPS  100 Unit Rumah program Dinas Perkim Kabupaten Gorontalo yang artinya bantuan ini sebenarnya sesuai Program, yakni untuk Rehab Rumah yang sudah ada dan tidak layak Huni tapi ternyata  hanya 9 unit yang direhab dan sebagian besar bangun baru yaitu 91 unit star dari Nol sampai selesai dengan kwualitas bangunan Permanen. Ini suatu hal yang sangat luar   biasa yang patut ditiru; dibanggakan, ditiru dan teladani.


Kemudian pada TA 2019, berhasil dibangun 45 Unit Rumah Permanen yang juga bantuan dari Dinas Perkim Kab Gorontalo dan 5 Unit dari Dinas Perkim Provinsi Gorontalo. Selain itu ada juga Program Pembangunan infrasturuktur yakni Pengaspalan jalan dari Desa Bihe dan kini dibutuhkan lagi pembangunan jalan Aspal sesuai yang dibutuhkan sekitar 3 KM yang Melintasi  3 Dusun sampai tembus di kantor Desa. Semoga lebih sukses lagi dan jadi Asbab Hidayah serta bernilai ibadah yang di Redhoi Allah Swt Aaamiiin Yra.(Tim Sriknews Risman)
« PREV
NEXT »