BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - KUNJUNGAN KERJA KAPOLDA PAPUA DAN PANGDAM XVII/CENDRAWASIH DI KABUPATEN NABIRE



Jayapura-skrinews.com Pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020 Pukul 18.30 Wit, bertempat di RSUD Kabupaten Nabire telah dilaksanakan Kunjungan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw yang di dampingi Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam rangka pengecekan kondisi dari Korban penyerangan dan perampasan senjata api yang terjadi di pospol pendulangan Ndeotadi Distrik Bogobaida lokasi 99 pada tanggal 15 Mei 2020 An. Briptu Kristian Paliling.

Hadir dalam rombongan:
Dansat Brimob Polda Papua Kombes Pol Godhelp C. Mansnembra, Dir Intelkam polda Papua Kombes Pol Alfred Papare, S.I.K, Komnas HAM Papua Frits Ramandey, Dansatgas PON XX Provinsi Papua Mayjen TNI Irwansyah, Kabinda Papua Brigjen TNI Abdul Haris Napoleon, Dansatgas Tifa Papua Brigjen TNI Gustav Agus Iriyanto, Dansatgas BAIS TNI Kolonel Inf. Joko Suparyoto, Danrem 173 / PVB Kolonel Inf. Iwan Setiawan, SE., MM, Asintel Kasdam XVII Cenderawasih Kolonel Inf. J.O Sembiring.

Uraian kegiatan:
Pukul 17.25 Wit Rombongan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cendrawasih tiba di Bandara udara Douw Aturure Kabupaten Nabire dengan menggunakan pesawat udara Twin Otther PK - SMS dari arah Kabupaten Paniai.

Pukul 18.20 Wit Rombongan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cendrawasih bergerak menuju RSUD menggunakan kendaraan roda 4 (empat) dengan secara beriringan untuk melakukan pengecekan kondisi terhadap korban penganiayaan dan perampasan senjata api di lokasi pendulangan 99 An. Briptu Kristian Paliling.

Pukul 18.30 Wit Rombongan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cendrawasih tiba di RSUD Kabupaten Nabire dengan dilanjutkan melakukan pengecekan kondisi Korban serta memberikan santunan kepada keluarga untuk digunakan dalam proses penyembuhan korban.

Dalam kunjungannya di RSUD Nabire kapolda Papua menyampaikan, hari ini saya bersama bapak Pangdam, bupati Paniai serta beberapa perwira Polda dan Kodam XVII/Cenderawasih, baik kapolres Paniai dan kapolres Nabire datang untuk sekaligus menjenguk anggota kita saudara Cristian paliling yang kemarin mengalami kekerasan dari sekelompok masyarakat di Ndeotadi 99 dan kami baru dari TKP.

kami datang ke RSUD nabire hanya mau melihat keadaan sudara Kristian paliling dan syukur dari keterangan dokter yang menanganinya mewakili direktur rumah sakit bahwa keadaanya cukup normal, kami lihat tadi masih ada pendarahan-pendarahan tapi keterangan para dokter sudah bisa ditangani.  Mudah mudahan kita berharap segera bisa sembuh dan boleh pulih seperti sedia kala.

Kami perihatin dengan luka yang dialami, karena ada 4-5 titik tadi yang cukup parah seperti leher, punggung, belakang kepala. Nampaknya penganiayaannya serius sekali, itulah yang menjadi opertanyaan kami padahalkan hubungan mereka ini antara pelaku dengan anggota-anggota dipos ini yang pertamakan jaraknya hanya sebelah rumah, kenapa bisa jadi tindak penganiayaan seperti itu, apakah ada persoalan personal atau persoalan perseorangan antara pribadi mereka, tapi kami yakin tidak.

Dari keterangan warga masyarakat di TKP rupanya tidak seperti itu, selama ini hubungannya baik-baik saja, tapi kami akan terus melakukan penyelidikan atau penyidikan untuk membuktikan akar penyebab atau latar belakang terjadinya kekerasan ini, sehingga hingga hilangnya atau dirampasnya 3 pucuk senjata itu. Sebntar kami dengan bupati nabire, paniai, deiyai kita kan bicara bagaimana persoalan ini bisa segera diselesaikan dengan baik dalam arti kami memerlukan agar senjata yang dirampas itu bisa dikembalikan atau pelaku bisa menyerahkan diri.

Tentu itu adalah upaya yang kita terus lakukan, karena kami belum tau permasalahannya yang sebenarnya, korban belum bisa kita ambil keterangan karena belum stabil untuk berbicara memberikan alur tentang kejadian latarbelakang dan lain sebagainya.

Kami berharap lewat kesempatan ini para tokoh-tokoh saudara-saudara keluarga besar di kabupaten Paniai tolong bantu kembalikan senjata itu, kami juga akan mengevaluasi posisi keadaan anggota di pos itu, mungki jumlahnya kita perbanyak dan kita perlengkapi atau tidak, tadi dari warga masyarakat sudah menyampaikan keinginan dan harapan mereka dan sudah kami tangpung, malim ini kami akan membahas bersama para bupati untuk menjawab itu semua.

Pukul 19.05 Wit Rombongan Kapolda Papua dan Pangdam XVII/Cendrawasih selesai melakukan pengecekan kondisi korban dan kembali melanjutkan perjalanan menuju penginapan Hotel Mahavira I.

Pelaporan: Rahman
                                                                                                  Jayapura, 19 Mei 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H.
« PREV
NEXT »