BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - Negriku Tergenang Banjir

Moh. Rizal

Skrinews.com
Cuaca di Indonesia
Jika berbicara tentang bencana alam di Indonesia akhir-akhir ini yang masih hangat di bicarakan adalah tentang bencana banjir, karena setiap tahunnya curah hujan di Indonesia cukup tinggi yang dimana hal ini menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia sering terjadi bencana banjir ketika musim penghujan tiba karena bebera pafaktor pemicunya seperti kondisi lingkungan yang rusak, penebangan hutan secara liar, bahkan tentang penataan kota yang tidak benar seperti kurangnya penampungan air hujan di beberapa wilayah sehingga daerah tersebut rawan tergenang banjir saat musim penghujan tiba. Bencana banjir yang sering terjadi di Indonesia ini tidak bisa di anggap remeh karena akan banyak dampak yang akan merugikan Negara ataupun masyarakat Indonesia sendiri, contoh bahya dari banjir itu sendiri ialah terputusnya roda perekonomian di daerah yang terendam banjir karena kendaraan untuk distribusipun terhenti akibat tidak bias lewat, banyak anak-anak tidak bias sekolah karena sekolahnya terendam banjir, padahal sekolah adalah salahsatu cara untuk meningkatkan SDM Indonesia yang baik, serta rumah-rumah warga yang tergenang banjir membuat mereka kehilangan tempat tinggal serta banyak lagi dampak yang di akibatkan oleh banjir itu sendiri.
Masalah yang timbul akibat banjir
Perkembangan terakhir dari (BNPB),kamis (02/01/2020) korban jiwa akibat banjir di jabotabek saja sudah sebanyak 16 orang. Dari kotabekasi saja setidaknya sudah sebanyak 60 titik banjir dengan kedalaman sekitar 1 meter, berdasarkan catatan BPBD Provinsi Jawa Barat,selain Bekasi, tiga wilayah di Jawa Barat juga terendam banjir, yaitu Bogor,Depok,dan Karawang. Dampak yang paling di resahkan akibat dari banjir ini ialah stagnya pertumbuhan ekonomi karena jalanan yang terendam banjir akan menyusahkan para masyarakat untuk melakukan kegiatan.
Tidakada yang perlu di salahkan
Dalam hal ini kita tidak bias menyalahkan siapapun dan bukan juga waktu yang tepat untuk mencari siapa yang salah terkait bencana banjir ini, namun yang seharusnya kita cari adalah solusi untuk mengatasi kejadian tersebut karena masing-masing pihak bias mengambil peran dalam hal ini. Masalah banjir ini sebenarnya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat karena setiap musim penghujan datang banjir dan selalu menjadi keresahan masyarakat di wilayah-wilayah yang sering terjadi banjir. Sebenarnya untuk mnegurangi terjadinya banjir ini dapat kita mulai dari diri kita sendiri untuk menjaga lingkungan serta dengan tidak membuang sampah sembarangan.Selanjutnya peran pemerintah juga berperan besar terkait masalah banjir ini yang dimana penataan ruang kota serta pentingnya pembuangan air yang cukup untuk curah hujan seperti di Indonesia ini harus sangat di utamakan dari pembangunan lainya. Sebenarnya hal yang paling mudah dalam menangani banjir ini ialah dengan adanya ke bersatuan pemerintah dengan masyarakat agar dapat sepemaham dalam penanganan banjir. Pemerintah di sini bias mengambil peran untuk bersosialisasi dan mendanai terkait penuntasan banjir yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia ini.



Riwayat Hidup
Nama : Moh.Rizal
Tempat, Tanggal lahir : Probolinggo 12 September 1998
Alamat : Probolinggo, Desa Ambulu, kec. Sumberasih
No Hp : 082131261612
Agama : Islam
Status   : Mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang
Email   : rizalicang646@gmail.com
Riwayar Pendidikan
Pendidikan Formal :
SD Negri Ambulu 1
SMP Negri 1 Sumberasih
SMK Negri 2 Probolinggo
« PREV
NEXT »