BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - COVID-19 MENJADIKAN LUKA UNTUK NEGERIKU

Berlian Savana Dipta
Mahasiswi Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang



Skrinews.com - Panik, Takut, Gelisah sudah pasti. Ini yang sekarang sedang di rasakan masyarakat Indonesia. Ini merupakan bencana seluruh dunia, karena bukan di negara kita saja yang di hadapkan merebaknya virus Corona atau Covid 19. Sangat miris sekali apa yang kita lihat di negara kita sendiri. Satu persatu terjangkit dan mulai menyebar ke seluruh daerah negara kita. Sangat cepat dan mudah sekali penyebaran serta penukaran virus ini, hanya bersentuhan serta berdekatan virus akan mudah menempel di tubuh bahkan benda sekitar kita. Terhitung korban terjangkit  saat ini sudah mencapai ribuan jiwa bahkan sudah memakan korban jiwa yang mencapai ratusan jiwa. Negara kita seperti di hadapkan dengan perang melawan virus Covid-19 ini. Berbagai upaya di gerakan oleh pemerintah untuk menghadapi situasi yang sangat pelik ini. Seluruh aparat dari TNI, POLRI, serta Pemerintahan bahkan lapisan seluruh masyarakat ikut mengambil peran untuk melindungi masyarakat dari wabah virus Covid-19. Terutama dari Dinas Kesehatan serta rumah sakit seluruh daerah bekerja keras menangani pasien yang positif terjangkit virus Covid-19 maupun yang berstatus ODP (Orang Dalam Pengawasan) dan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Berbagai cara diupayakan agar seluruh masyarakat Indonesia bisa memutuskan mata rantai virus ini.
Yang Pertama, ”Di Rumah Saja” ini merupakan himbauan dari Bapak Presiden yang mana artinya selama di rumah kita juga harus tetap melakukan  aktivitas seperti kerja dari rumah secara online beribadah di rumah dan menghindari bepergian atau berkumpul yang melibatkan banyak orang. Pemerintah juga meliburkan aktifitas belajar mengajar namun tetap belajar di rumah masing- masing secara daring atau online juga. Kita tahu virus ini sangat cepat berkembang  dan mudah  menular dengan bersentuhan atau kita menyentuh benda.
Yang Kedua, menyiapkan segala fasilitas bagi pasien Covid-19. Setiap rumah sakit di seluruh Indonesia telah menyiapkan ruang isolasi terhadap pasien positif Covid 19. Ini merupakan hal penting yang harus diperhatikan setiap daerah. Kita masih minim sekali persediaan obat obatan serta APD (Alat Pelindung Diri). Sehingga membutuhkan bantuan dari  berbagai pihak untuk mengatasi kekurangan ini. Tim medis juga telah disiagakan selama 24 jam dibantu relawan.
Yang Ketiga, mensosialisasikan tentang larangan dan bahayanya virus Covid-19 ke masyarakat luas. Mulai dari kota dan pedesaan berbagai cara telah di tempuh. Dari mengisolasi diri buat yang dari bepergian, gerakan cuci tangan dengan sabun (CTPS) yang harus disediakan di berbagai tempat umum, kemudian pemeriksaan suhu badan yang wajib digunakan petugas untuk pemeriksaan masyarakat saat memasuki tempat umum, memakai masker atau pelindung menutup wajah dan membatasi waktu operasional tempat yang bersifat umum seperti pasar, mall, bank serta penutupan sementara terhadap tepat hiburan tempat rekreasi, tidak memberi izin kepada masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan hajatan maupun. Bahkan di berbagai daerah pemerintah daerah sudah memberlakukan dengan menutup akses transportasi yaitu bandara, pelabuhan, terminal bahkan ruas jalan protokol yang biasa digunakan masyarakat umum.
Ini sangat tidak mudah di terima buat masyarakat karena secara otomatis perekonomian maupun mata pencaharian masyarakat akan terganggu bahkan akan berimbas ke rakyat sipil yang berpenghasilan harian dan biasa melakukan aktivitas pekerjaan di luar rumah. Situasi ini sangat sulit sekali di terima masyarakat luas. Terutama kebutuhan sembako selama isolasi diri. Semoga pemerintah juga bisa memberikan bantuan kepada masyarakat yang sangat membutuhkan persediaan pangan karena hal ini juga harus di perhatikan buat masyarakat miskin. Kita sebagai masyarakat umun mau tidak mau harus mematuhi apa yang telah di tetapkan pemerintah demi keamanan serta kesehatan keluarga dan kesehatan  seluruh rakyat Indonesia. Ini bukan deritamu tapi derita kita, ini bukan bencanamu tapi bencana kita. Mari kita saling bahu membahu membasmi virus Covid-19 bersama sama dengan menaati peraturan pemerintah yang ditetapkan. Indonesia masih belum melaksanakan LOCKDOWN seperti yang di lakukan negara negara lain. Di negara kita masih mengisolir daerah masing-masing untuk meminimalisir berkembang virus Covid-19. Mari kita saling bersinergi antara masyarakat sipil dengan pemerintah serta aparat TNI maupun POLRI. Semoga cepat musnah wabah Corona atau Covid 19 di negara kita maupun di muka bumi ini.

Nama    : Berlian Savana Dipta (Mahasiswi Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang)
No. Telp : 082254271676
« PREV
NEXT »