BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - "TERNATE SATU ORANG POSITIF COVID-19, LURAH MALIARO HIMBAU WARGA DIAM DI RUMAH"



SKRINews TERNATE, (Selasa, 24/03/2020)   Berbagai kegiatan masyarakat di kota Ternate saat ini, terpaksa harus dibatasi sehubungan dengan keadaan dunia yang tengah diguncang oleh mewabahnya Virus Corona atau yang disebut COVID-19. Bagaimana tidak, penyakit yang disebabkan oleh coronavirus jenis terbaru ini telah memakan ribuan korban jiwa.
   

Sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona, pemerintah Pusat menganjurkan masyarakat untuk melakukan Social distancing.
 Social distancing ’atau ‘ pembatasan sosial’ adalah menghindari tempat umum, menjauhi keramaian, dan menjaga jarak optimal 2 meter dari orang lain. Dengan adanya jarak, penyebaran penyakit ini diharapkan dapat berkurang.

Menyikapi hal tersebut pemerintah Kota Ternate mengeluarkan Himbauan kepada seluruh masyarakat di Kota Ternate melalui seluruh Lurah untuk disampaikan kepada warga masyarakat di Kelurahan masing -masing.

Untuk itu Kantor Lurah Maliaro pada Senin Sore(23/03) kemaren dengan menggunakan mobil dan pengeras suara berkeliling di sepanjang jalan di Kelurahan Maliaro untuk  menyampaikan himbauan tersebut  yang isinya antara lain :

Assalamualaikum warahmatullahi wabarrakatuh.

Himabuan berasal dari Lurah Maliaro, Babinsa dan Babinkamtibmas di tujukan kepada warga Kelurahan Maliaro.
Isi himbauan, menindaklanjuti himbauan dari walikota Ternate Tentang Pencegahan Bahaya Covid-19 atau Virus Corona, maka dihimabu kepada seluruh warga Masyarakat Kota Ternate agar :

1. Berdiam diri didalam rumah, tidak keluar rumah apabila tidak terlalu penting.
2. Menghentikan kegiatan-kegiatan yang bersifat kerumunan dan hiburan yang membawa resiko penyebaran virus Corona atau Covid-19.
3. Dihimbau memakai masker apabila keluar rumah.
4. Senantiasa mencuci tangan dengan sabun.
5. Menjaga jarak satu sama lain di area publik.
6. Mengurangi mobilisasi dari satu tempat ke tempat yang lain.
7. Belajar dari rumah dan bekerja dari rumah, bukan kesempatan untuk liburan.

Demikian himbauan ini disampaikan agar dapat ditaati dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya demi untuk keselamatan kita semua.

Ternate, 23 Maret 2020
Tertanda
Lurah Maliaro.

Sebagaimana diketahui Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Siaga Darurat Bencana Non Alam  Covid-19 Provinsi Maluku Utara (Senin 23/3) mengumumkan satu pasien positif terpapar virus Corona(covid-19), status pasien Positif tersebut sesuai hasil uji Laboratorium dari specimen Kesehatan Jakarta pada tanggal (18 /03/2920) dan hasilnya baru didapatkan pada siang ini  (23/03/2020) Ini menjadi kasus positif Corona pertama di Maluku Utara.

Satu orang yang dinyatakan positif Corona itu sebelumnya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) di Kota Ternate. Pasien tersebut diketahui memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta ke Ternate. Setibanya di Ternate dua pekan lalu, ia langsung diisolasi di RSUD Chasan Boesoirie, satu-satunya rumah sakit rujukan corona di Maluku Utara.

(Liputan: Agus S. Makatita/edtr : Sjb Djr)
« PREV
NEXT »