BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - Terkait Pemalangan Jalan, Babinsa Turun Tangan Bantu Mediasi




BITUNG - Skrinews,
Di Kelurahan Kadoodan Kecamatan Madidir, Kota Bitung, Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Sertu Jon Salibana bersama Bhabinkamtibmas mendatangi Keluarga Kawur Sambeka atas permintaan masyarakat untuk menghentikan sementara pembuatan pagar beton dilokasi yang menjadi jalan umum warga, (26/3/2020).

Sesuai permintaan warga, bahwa pembuatan pagar beton di jalan yang sering dilalui warga, agar dihentikan menunggu pertemuan dari pemerintah Kelurahan agar didapatkan satu keputusan yang menurut warga sah, bisa dilanjutkan atau tidak.

Pada permasalahan ini, Babinsa berkoordinasi terkait pemalangan atau penutupan jalan yang dilakukan oleh salah satu oknum warga yang dilakukan atas dasar kepemilikan tanah. Dengan penyampaian demikian, akhirnya penutup jalan pun ditunda menunggu pertemuan dengan pihak kelurhan.

"Hal ini merupakan usaha cegah dini untuk mengatasi segala permasalahan di masyarakat, sehingga tidak terjadi masalah yang semakin besar sehingga tidak mengganggu stabilitas keamanan dan ketertiban di masyarakat," ungkapnya.

Pada setiap permasalahan yang terjadi di kalangan masyarakat ataupun permasalahan antar kampung, tidaklah harus diselesaikan dengan cara hukum, tetapi dapat dilakukan dengan cara bermusyawarah dan berdamai secara kekeluargaan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 1310-01/Bitung Kodim 1310/Bitung Sertu Jon Salibana, yang membantu mediasi permasalahan pemalangan jalan di Kelurahan Kadoodan.

"Kita ini punya budaya yang sangat kuat, maka dengan itu kita harus menggunakan cara adat, kekeluargaan dan kebiasaan setempat yang biasa dilakukan, upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menangani masalah ini, bisa diselesaikan dengan cara mencari solusi serta jalan tengahnya," pungkasnya.
« PREV
NEXT »