BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - Pekerjaan Manusia Mulai Digantikan Oleh Robot, Adakah Pajak Untuk Robot ?

Moh.Rizal

Skrinews.com - Jika berbicara tentang teknologi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu untuk membantu,disamping juga sebagai pengacau karena saat ini hampir di semua Negara berkembang sudah mulai memanfaatkan kemajuan teknologi yang sudah ada karena tidak dapat di pungkiri lagi seiring berjalanya waktu kemajuan teknologi itu sendiri sudah mempermudah manusia dalam berbagai hal karena hal yang mungkin dulu sangat mustahil dilakukan saat ini sudah lumrah dilakukan,seperti halnya saling member kabar dengan sangat cepat dengan ponsel yang kita miliki saat ini dengan jarak jauh,sedangkan dulu kita harus menggunakan surat sebagai pemberi kabar,namun saat ini kita tidak perlu lagi melakukan hal itu lagi karena dengan ponsel yang kita punya kita bias menggunakan sosial media seperti whatsapp,instagram dan lain sebagainya dengan sangat cepat. Bahkan kita bias saling bertatap muka dengan kerabat kita dengan melakukan panggilan vidio. Namun kita juga harus melihat dari kacamata yang berbeda karena selain mempermudah aktivitas manusia saat ini kemajuaan teknologi saat ini sudah mulai meresahkan manusia karena dengan kecanggihan yang terus menerus di update saat ini sudah mulai menggantikan pekerjaan yang di lakukan manusia dengan kemajuan teknologi yang bernama Robot. Yang dimana saat ini sudah banyak terjadi di berbagai Negara termasuk di Indonesia sendiri. Pekerjaan yang sudah bertahun-tahun di lakukan oleh manusia di berbagai perusahaan atau pabrik sebagai sumber pendapatan manusia saat ini sudah banyak di gantikan oleh Robot. Jika Robot sendiri sudah bisa menggantikan pekerjaan manusia jadi otomatis prusahaan atau pabrik sudah tidak menggunakan manusia dalam berbagai hal yang memang bisa di lakukan oleh Robot.
Dalam hal pengalihan manusia dengan Robot ini tidak hanya akan berdampak pada kesejahteraan manusia saja yang pekerjaannya sudah di gantikan oleh Robot,namun juga akan berdampak kepada Negara itu sendiri. Kenapa saya mengatakan akan menimbulkan dampak terhadap Negara,karena otomatis jika hampir semua pekerjaan yang dilakukan oleh manusia digantikan oleh Robot maka para buruh akan kehilangan pekerjaan dan jelas mereka aka menjadi pengangguran dan jelas saja mereka tidak akan membayar pajak dan di kebanyakan Negara barat mereka akan mengklaim tunjangan pengangguran yang dimana ini akan sangat membebani Negara bagian.
Di AS, 48% pemasukan federal berasal dari pajak pemasukan perseorangan,dan 35% berasal dari pajak asuransi sosial sedangkan pajak dari prusahaan sendiri hanya 9%. Jadi yang menjadi pertanyaan disini apakah aka ada pengennaan pajak pada Robot itu sendiri. Pajak Robot sendiri akan sangat berguna untuk Negara karena dananya bisa digunakan untuk perawatan kesehatan dan pendidikan,atau bahkan penyediaan penghasilan dasar bagi semua orang dan pada saat yang sama pemerintah harus mengurangi pajak buruh. Jika di Indonesia sudah menerapkan Robot pekerja pemerintah harus bersikap tegas dalam hal ini dengan memberlakukaan penarikan bajak kepada setiap pabrik atau prusahaan yang menggunakan tenaga Robot dalam keberlangsungan usahanya. Dengan demikian dapat mempertimbangkan penggunaan Robot yang mempengaruhi lapangan pekerjaan untuk masyarakat.
Namun dalam kemajuan dan kecanggihan teknologi ini kita tidak usah terlalu cemas karena kita sebagai manusia adalah mahluk yang paling sempurna memang pasti aka ada kecanggihan teknologi yang akan bermunculan namun seperti yang kita ketahui Robot itu sendiri di ciptkan oleh manusi dan manusialah penciptanya jadi kita hanya harus lebih berfikir saja kedepannya untuk membuat trobosan sendiri saja untuk tetap menyetabilkan prekonomian kita. Karena sebaik-baiknya Robot tidak akan sepenuhnya bisa menggantikan manusia karena sangat banyak hal pada manusia yang tidak akan bisa di di tiru atau digantikan oleh Robot. Memang pasti aka ada pengalihan pekerjaan manusia oleh Robot tetapi kita sebagai manusia memiliki pemikiran yang bisa kita gunakan untuk melakukan hal-hal baru yang mungkin bisa menjadi hal baru untuk keberlangsungan hidup kita sebagai sumber pendapatan untuk kita. Robot sendiri hanya akan menjadi pembantu manusia bukan untuk menjatuhkan manusia itu sendiri jadi kita tidak perlu khawatir.


Riwayat Hidup
Nama : Moh.Rizal
Tempat, Tanggal lahir : Probolinggo 12 September 1998
Alamat : Probolinggo, Desa Ambulu, kec. Sumberasih
No Hp : 082131261612
Agama : Islam
Status   : Mahasiswa
« PREV
NEXT »