BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

PELAKSANAAN KEGIATAN ADAT PASOLA GAURA HARI PERTAMA (UNTUK PEMULA/ANAK-ANAK) DILAPANGAN ADAT HAROTANGO, DESA WETANA, KECAMATAN LABOYA



Sumba Barat skrinews,  lapangan adat Harotango, Desa Wetana, kecamatan Laboya barat, Kabupaten Sumba Barat telah dilaksanakan kegiatan Pesta Adat Pasola Gaura Hari pertama (untuk pemula/anak-anak).Jumat 1/3/2019

Pasola Gaura hari pertama untuk pemula/anak-anak,diikuti oleh pemain/peserta dari desa Gaura dan Desa Wetana kecamatan Laboya Barat sebanyak 30 orang yang terbagi menjadi dua kelompok '"

KELOMPOK KAWANGO
Yang terdiri dari tiga Suku yaitu Suku Rowa, Suku Ubu Legera dan Suku Toda Jara,Sebagian besar berasal dari Desa Gaura.

KELOMPOK BORO
Yang terdiri dari empat suku yaitu Suku Ubumoto wawa, Suku ubumoto dete, suku Ubu Oleta dan Suku Adaha, (sebagian besar berasal dari Desa Wetana.

Kegiatan pasola gaura hari pertama untuk pemula/anak-anak  dibuka secara Adat oleh Rato HOLONG RINA sebagai penunggang kuda Pemali Wagekeja dari kelompok kawango dan Rato KEDU KODA penunggang kuda Pemali Mawokaha (dari kelompok Boro dengan cara melantunkan syair-syair/bahasa adat lalu membuang Sirih pinang ditengah lapangan,Kemudian kedua Rato tersebut saling melempar kayu sebanyak 2 kali dan kemudian diikuti oleh para pemain Lainnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat laboya barat Daud Eda Bora SH,Kapolsek lamboya Ipda Marthen Luther Petterson SH, Kapolsubsektor Gaura Aiptu I Nengah Sukanta, Kepala Desa Wetana Petrus Raga Uma,Kepala Desa Gaura Herman Horo Nyanyi,Para Rato Adat dan Para tokoh masyarakat sekecamatan Laboya Barat,serta para penonton sekitar 200 orang.

Kegiatan tersebut juga dilakukan pengaman oleh personil gabungan dari polsek Lamboya dan Polsubsektor gaura sebanyak 16 anggota yang dipimpin langsung oleh kapolsek Lamboya Ipda Marthen Luther Petterson SH.

Kegiatan tersebut berakhir jam 12.30 wita, berjalan aman dan lancar.Pasola Gaura hari pertama tersebut khusus diikuti oleh pemain pemula/anak-anak, dan sekaligus sebagai bentuk memperkenalkan budaya pasola kepada generasi muda,sedangkan Pasola inti akan dilaksanakan pada besok hari sabtu tanggal 02 Maret 2019 jam 09.00 wita bertempat dilapangan yang sama.

Dalam kegiatan tersebut tidak menutup kemungkinan terjadi saling ejek/maki sehingga diwatirkan dapat terjadi perselihan/bentrok sesama pemain maupun penonton dilapangan.

Langkah-langkah  oleh
Kapolsek lamboya dan Kapolsubsektor Gaura melakukan kordinasi dengan pemerintah kecamatan Laboya Barat serta Aparat desa Gaura dan Wetana untuk bersama-sama melakukan pengamanan pelaksanaan kegiatan pasola tersebut, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Unit Binmas serta anggota bhabinkamtibmas polsek Lamboya dan Polsubsektor gaura meningkatkan giat penyuluhan dalam rangka memberikan pemahaman dan himbauan  kepada setiap elemen masyarakat guna berperan serta menjaga dan memelihara kamtibmas selama kegiatan berlangsung.

Unit intel polsek lamboya tetap melakukan monitoring, deteksi dini dan deteksi aksi setiap perkembangan sehubungan dengan kegiatan tersebut guna terciptanya situasi kamtibmas yg kondusif.

Direkomendasi kepada
Pemerintah daerah kabupaten sumba barat dalam hal ini Dinas pariwisata untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi di masyarakat tentang pentingnya sektor pariwisata untuk perkembangan serta peningkatan pendapatan daerah kabupaten sumba barat.

Mus
« PREV
NEXT »