BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

RITUAL ADAT (PASOLA ) WANUKAKA YANG MENDUNIA



Sumba Barat skrinews,
Seluruh lapisan masyarakat pulau Sumba dari luar sumba maupun Manca Negara menyaksikan atraksi berkuda yang dinamakan(PASOLA) dikecamatan Wanukaka Sumba Barat NTT.Turut hadir Gubernur NTT dan rombongan,Ketua umum PKB Pusat,Bupati dan wakil bupati SB.SKPD dan Rato Adat, Hari selasa,26/2/2019

Pengamanan terdiri dari TNI-Polri,Pol PP,Dishub dan masyarakat setempat dalam rangka ritual adat,,"PASOLA,"ini kerjasama yang baik semua pihak terkait,sehingga atraksi berkuda yang disaksikan penonton sangat memukau.Pasola hanya ada di Sumba Barat dan Sumba Barat Daya.di sumba barat hanya ada 3 suku yang menjalankan adat yaitu suku lamboya, wanukaka dan gaura.Di Sumba Barat Daya dijalankan suku,"KODI,".

Pasola sendiri dilakukan secara tahunan dan secara bergilir dari desa satu ke desa yang lainnya,karena pasola dilaksanakan di tanggal tertentu,antara bulan pebuari sampai maret.Di laksanakan dilapanngan luas,dan di saksikan warga umum,warga asing maupun manca Negara.Pasola menjadi perekat jalinan persaudaraan antara dua kelompok dan bagi masyarakat umum. Masyarakat dan penonton di ajak tertawa.

Sebagai pesta budaya sudah pasti Pasola mempunyai pesona dan daya tarik yang sangat memukau.Pemerintah setempat sangat mendukung untuk menjadi pasola sebagai salah satu Mayor Event yang pantas menjadi kekayaan budaya bangsa yang ternilai harganya.

Pantauan media ini bahwa,Pengaturan lalulintas oleh Lantas Sumba Barat,bagi roda dan empat sudah di siapkan lahan parkiran,sehingga kenyamanan pemilik kendaraan tidak ragu lagi.

Masyarakt yang menyaksikan harus menempuh jarak tidak jauh dari lokasi pasola tersebut,dan berjalan kaki ketempat pasola sekaligus sebagai wahana olah raga,Keamanan lancar dan kondusif.

Mus
« PREV
NEXT »