BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

PERSONEL KODIM 1310/BITUNG DUKUNG PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL TAHUN 2019


MINAHASA UTARA - Skrinews,
Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019 bertempat di Tugu Zero Point, Kel. Sukur Kec. Airmadidi Kab. Minut, dengan Tema "Kelolah sampah untuk hidup bersih, sehat dan bernilai, (21/2/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, yaitu pembersihan massal di Tugu Zero Point dan sekitarnya. Kegiatan yang diselenggarakan Polres Minut, diikuti oleh Personel gabungan Polres Minut, Kodim 1310/Bitung, Personel Raider 712/WT, Para ASN Pemkab Minut, Masyarakat dan Para Siswa sekitar 350 orang.


Turut hadir, AKBP Jefry R. P. Siagian, SIK (Kapolres Minut), Mayor Inf Gusnawan M. Kawa (Danramil 1310-06/Airmadidi) mewakili Dandim 1310/Bitung dan Dr. Jeane Simon (Asisten Bidang Administrasi Umum) mewakili Bupati Minut.

Sambutan Bupati Minahasa Utara yang akan dibawakan oleh Dr. Jeane Simon, mengatakan, Sampah memang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan manusia, karena sampah adalah sisa dari proses produksi baik industri maupun rumah tangga yang bila tidak ditangani dan dikelola dengan baik akan berdampak bagi kesehatan masyarakat, berdampak terhadap lingkungan bahkan berdampak terhadap keadaan sosial dan ekonomi. Untuk mengolah sampah dengan baik dan benar hal ini bisa dilakukan dengan metode menggunakan kembali sampah yang ada untuk fungsi yang lain mengurangi produksi sampah dan daur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru yang dapat digunakan.

"Oleh sebab itu gerakan peduli sampah nasional perlu didukung dan digelorakan sehingga kedepan sampah tidak lagi menjadi persoalan tetapi justru sebaliknya memberikan nilai tambah secara ekonomis bagi masyarakat," pungkasnya.

Lanjut dikatakan, agar semakin bermakna maka Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019, bukan hanya sekedar gerakan saja, tetapi harus dibarengi dengan aksi nyata yang dimulai dari diri kita sendiri.

"Salah satu cara, dengan berhenti membuang sampah sembarangan," tuturnya.

Ia juga mengatakan, kesadaran ini harus lahir dari pribadi masing-masing sebagai salah satu bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Kapolres Minahasa Utara AKBP Jefri Parulian Siagian bersama jajaran yang telah menggagas kegiatan ini dengan satu harapan bahwa sinergitas dan kolaborasi ini akan terus berlanjut demi menciptakan Minahasa Utara yang bersih aman indah dan sejahtera, tutupnya.

Setelah menyuarakan Deklarasi Peduli Sampah yang berbunyi "Marijo torang dukung program pemerintah...sampah nol...yes...yes...yes", dilanjutkan sasaran pembersihan yang dibagi menjadi 4 sektor yaitu arah Desa Matungkas di Kiri-Kaanan Jalan Raya, Arah Manado Patung Soekarno Kiri-Kanan Jalan, Arah menuju pertigaan Sukur Kiri-Kanan Jalan dan Arah menuju pompa bensin atau kantor Bupati Minut Kiri-Kanan Jalan.

Djoni Arjuna
« PREV
NEXT »