BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

PERSONEL GABUNGAN PENGAMANAN PEMILU 2019, ATASI AKSI MASSA YANG AKAN MENGGAGALKAN JALANNYA PEMILU 



BITUNG - Skrinews,
Dalam rangka Pengamanan Pemilu Legislatif dan Presiden Tahun 2019 serta untuk antisipasi kerusuhan massa, tindakan anarkis yang dilakukan oleh para aksi pendemo (Pendukung/Simpatisan) para calon Legislatif maupun Presiden yang menggangu jalannya Pemilu 2019 di wilayah teritorial Kodim 1310/Bitung, (7/2/2019).

Apel Pagi dalam rangka lanjutan kegiatan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilu yang akan berlangsung pada tanggal 17 April 2019, di ambil langsung oleh Kasdim Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala,S.Pt. diikuti anggota Koramil dan Staf, Yonif Raider 712, Polres Bitung dan SP3 kota Bitung.

Usai apel pagi, dilanjutkan Brifing tentang rangkaian pelaksanaan kegiatan yaitu, dimulai dari KPUD Bitung melaksanakan serah terima Logistik Pemilu oleh petugas, Pemindahan logistik pemilu oleh petugas dan dikawal oleh Pihak Kepolisian dan Satpol PP, Logistik pemilu bergerak menuju ke Kantor Kelurahan.

Pada saat Logistik Pemilu bergerak, ditengah jalan rombongan pengawalan di hadang oleh massa yang ingin menggagalkan distribusi logistik pemilu, namun aksi massa tersebut dapat diatasi oleh pihak keamanan dari pihak Kepolisian sampai akhirnya logistik pemilu tiba di Kantor Kel. Madidir Ure Kec. Madidir Kota Bitung dengan aman.


Usai pemungutan suara, terjadi konsentrasi massa yang menolak hasil pemungutan suara. Massa mulai bergerak menuju ke lokasi Kantor Kelurahan Madidir Ure, tetapi massa sempat dihadang oleh Satuan PHH dari Polres Bitung dan mengamankan 2 orang yang diduga sebagai provokator. Selain itu, pada latihan ini juga dilaksanakan Drill Pengamanan obyek vital seperti Kantor Telkom Bitung dan Depot Pertamina Bitung.


Dikatakan Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos, Personel Kodim 1310/Bitung, Yonif 712/Raider, Polres Bitung dan SP3 Kota Bitung, melaksanakan Drill Tempur Penanggulangan Huru Hara (PHH) di Kelurahan Madidir Ure Kec. Madidir Kota Bitung.

"Latihan Drill Tempur PHH tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan dan kesiapan personel dalam menangani kerusuhan massa terutama menjelang Pileg dan Pilpres Tahun 2019, dalam rangka menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif," pungkas Dandim.


Pada kesempatan tersebut, Dandim meminta agar seluruh personel mengikutinya dengan penuh kesungguhan dan rasa tanggung jawab yang tinggi dari dalam diri masing-masing. Ia pun menekankan, agar para pelatih dan instruktur tegas dan efektif dalam memberikan latihan Drill tempur PHH, tandasnya.

Adi AS
« PREV
NEXT »