BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

PARIWISATA SUMBA TENGAH TERINTEGRASI UNTUK MENGGAIT UANG MASUK DISUMBA TENGAH.


Sumba Tengah skrinews,
Untuk mengoptimalkan penerimaan dari obyek pariwisata dan budaya kabupaten Sumba Tengah mau tidak mau pemda kabupaten Sumba Tengah berpikir praktis untuk mengelolah obyek pariwisata dan budaya dengan rencana membangun hotel berbintang 4 guna menampung turis yang datang berkunjung diwilayah tersebut.Selain itu dititik titik destinasi dibangun infrastruktur yang memadai sehingga jangkauan pelayanan kunjungan ke-obyek wisata berjalan lancar. Demikian dikatakan Drs Danial G Sabarua kadis kebudayaan dan pariwisata kabupaten Sumba Tengah yang ditemui diruang kerjanya kemarin di Makatul.

Menurutnya potensi pariwisata dan budaya di wilayah kerjanya sangat menjanjikan namun karena pengelolaan yang belum maksimal maka tamu luar hanya numpang singgah dikabupaten Sumba Tengah dan uangnya juga tidak bisa digait ujarnya.

Karena itu bupati baru kabupaten Sumba Tengah Drs.Paulus S.Kalimu diperiode ketiga berpikir lebih maju untuk menjadikan pariwisata sebagai produk unggulan daerah yang dapat meningkatkan pendapat asli daerah kedepannya. caranya ialah selain membangun hotel titik obyek wisata dibangun infra lstruktur yang melibatkan dinas PUTR juga dinas ketahanan pangan untuk makanan tradisional serta melibatkan dinas koperasi UKM perindag untuk barang kreatip daerah.

Masih menurut kadis untuk kenyamanan para tamu perlu juga kerja sama dengan pihak keamanan yaitu TNI POLRI serta Sat Pol PP, jika salah satu tamu diperlaku tidak wajar oleh masyarakat Sumba Tengah pada saat  kunjungan maka nama pemerintah RI tercoreng di publik internasional. tegas kadis

Terakhir saat ditanya kesediaan dinasnya dalam rangka mempersiapkan kedatangan tamu nasional PGI yang akan bersidang raya di pulau Sumba tahun ini,Danial mengatakan,sudah ada seksi yang dipersiapkan untuk mengolah makanan trasional Sumba yaitu manggulu yang bisa bertahan sampai satu minggu.
Demikian juga tenun ikat sementara dipersiapkan selendang tenun ikat khas Sumba yang akan di selempangkan kepada para tamu yang berkunjung nantinya.

Pantauan media ini Sumba Tengah memiliki potensi budaya yang indah berupa kampung adat yang masih asli,kubur batu yang asli, tarian dan acara antraksi budaya yang masih sangat mempesonakan. Selain itu adanya pesona laut dan pantai yang indah,air terjun dan hutan taman nasional yang memiliki burung dan tanaman endimik yang tidak ada dipulau lain.

Pemandangan alam yang indah yang terdiri dari padang stepa dan sabana yang indah merupakan daya tarik tersendiri bagi paras toris untuk berkunjung di wilsyah ini.Tugas pemerintah ialah tinggal menata dengan tangan yang terampil dan butuh staf yang handal untuk merancang berbagai strategi jitu.

MARKUS
« PREV
NEXT »