BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

KELURAHAN GUNUNG WOKA SUKSES MENGGELAR UPACARA ADAT TULUDE


BITUNG - Skrinews,
Upacara Adat Tulude sukses digelar di Pulau Lembeh, teptnya di Kelurahan Gunung Woka Kecamatan Lembeh Utara kota Bitung, (11/1/2019).

Hajatan tahunan Upacara Adat Tulude pada hakekatnya adalah kegiatan upacara pengucapan syukur untuk Mawu Ruata Ghenggona Langi (Tuhan Yang Mahakuasa) atas berkat-berkat-Nya bagi umat manusia selama setahun yang lalu. Serta melepaskan tahun yang lama dan siap menerima tahun yang baru.

"Pelaskanaan Upacara Adat Tulude dilaksanakan setiap tahun pada bulan Januari, dan dipercayai oleh seluruh masyarakat, khususnya masyarakat yang berasal dari Kepulauan Sangihe dan Talaud, dan suksesnya kegiatan ini karena kebersamaan warga ikut menjaga keamanan bersama," tutur Serda Maxi Makikama saat menghadiri Upacara Adat Tulude.

Pada pelaksanaan Upacara Adat Tulude kali ini, dihadiri Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum dan Politik Giv Mose, AP. M.Si, Camat Lembeh Utara Miyer Parapaga, SH, Kapolsek Lembeh Selatan Iptu J. R. Lumandung, SH, Babinsa Koramil 1310-02/Lembeh Serda M. Makikama, Anggota DPRD kota Bitung Luther Lorameng, S.Pd, Para Lurah se-Kecamatan Lembeh Utara dan masyarakat Kelurahan Gunung Woka.


Adapun susunan acara Upacara Adat Tulude diantaranya, penjemputan Tembonang Wanua, Tarian adat, Ibadah, Pemotongan Tamo (kue adat), Sambutan Wakil Walikota Bitung dan Pelepasan Tembonang Wanua.

Adi AS
« PREV
NEXT »