BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Cek Penanganan Satgas Untuk Korban Gempa, Panglima TNI Terbang ke Aceh

Cek Penanganan Satgas Untuk Korban Gempa, Panglima TNI Terbang ke Aceh
Panglima TNI saat memberi pengarahan ke Satgas Kesehatan. Foto: Dok. Puspen TNI


SKRI NEWS Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo terbang ke Aceh untuk mengecek Satgas Kesehatan yang dikirimnya untuk membantu penanganan pasca gempa. TNI menerjunkan seribuan lebih prajurit untuk membantu korban.

Menurut Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto, Gatot berangkat dari Lanud Halim Perdanakusumah jelang dinihari, Kamis (8/12/2016), dengan Pesawat Boeing VIP TNI AU. Panglima TNI akan meninjau wilayah-wilayah paling terdampak akibat gempa 6,5 SR itu.

"Ke Pidie dan tentu saja je Pidie Jaya," ungkap Wuryanto kepada detikcom, Kamis (8/12).

Sebelum berangkat, Gatot melepas langsung Satgas Kesehatan Mabes TNI ke Aceh. Ada 218 personel gabungan yang terlebih dahulu berangkat ke Aceh untuk membantu penanganan usai gempa. Mereka diangkut dengan tiga pesawat Hercules TNI AU.

"Saya akan ke sana nanti. Saya sampai di sana tenda sudah tergelar, pasien sudah masuk," ujar Gatot saat melepas pasukan.

Satgas Kesehatan Mabes TNI dikirim untuk mendirikan rumah sakit lapangan. Sebanyak 218 personel itu terdiri dari 82 prajurit Yonkes Kostrad TNI AD, 61 prajurit Marinir TNI AL dan 31 personel Basarnas. Sementara itu RS. Mintohardjo TNI AL mengirimkan 6 orang dokter Spesialis, yakni satu orang dokter umum dan 35 orang tim kesehatan marinir yakni dua dokter umum dan 33 personel kesehatan Marinir.

Sementara itu, Kodam I/Iskandar Muda sudah menerjunkan 704 personel langsung setelah gempa terjadi pada Rabu (7/12) pagi. Prajurit yang membantu evakuasi dan penanganan korban tersebut terdiri dari berbagai satuan.

Seperti diketahui, berdasarkan data terakhir dari BNPB, ada 94 orang korban tewas tersebar di tiga kabupaten yaitu Pidie Jaya, Bireun, dan Pidie akibat gempa. Sebagian korban sudah teridentifikasi dan sebagian lagi masih dalam proses pendataan. Ada juga laporan korban hilang.

Korban luka sendiri berjumlah 128 orang luka berat, dan 489 orang luka ringan. Selain korban jiwa dan luka, gempa berkekuatan 6,5 SR yang mengguncang Aceh juga menyebabkan ratusan bangunan rusak.

SUMBER DETIK.COM
« PREV
NEXT »