BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Konservasi Kebudayaan dan Lingkungan Hidup Oleh Plt Gubernur Gorontalo

SKRI NEWS Gorontalo Selasa, 8 November 2016 diballroom Hotel Damhil Kota Gorontalo, Plt Gubernur  Provinsi  Gorontalo Bapak Prof. DR. Zudan Arief Fakrulah SH.MH.

Memberi sambutan pada Kongres Kebudayaan Gorontalo Thn 2016 UNG,  bhw pakaian adat Gorontalo sy lihat sangat bagus2 dan sy akan mendorong dan mewajibkan semua PNS seprovinsi Gorontalo untuk mengenakan baju adat minimal sebulan sekali, kita harus berani keluar dari pola2 yang selama ini dianggap baku.

Pak Nani Wartabone dikenang sepanjang masa karena beliau Berani mempunyai gagasan Indonesia Merdeka sebelum orang lain berpikir untuk merdeka, Beliau sudah memproklamirkan Indonesia Merdeka dengan mengibarkan Bendera Merah Putih pada tgl. 23 Januari 1942 dan 3 tahun kemudian dijakarta Bungkarno dan Bung Hatta juga memproklamirkan Indonesia Merdeka pada tgl.17 Agustus 1945. Untuk itu Provinsi Gorontalo harus mampu mendahului Provinsi lain apabila kita ingin dikenang oleh Seluruh Bangsa Indonesia,
Ada 3 ancaman Global yang harus kita waspadai agar tidak dapat merusak tatanan budaya Masyarakat Gorontalo.

1. Terorisme dan Radikalisme dimana kita tahu bahwa ada kelompok2 garis keras dan kelompok2 yang selalu memaksakan kehendaknya.
2.Narkoba. Yang akan merusak Generasi Muda dari segi mentalitas.
3.Korupsi Kolusi dan Nepotisme, adalah ancaman yang dapat merusak Akhlak aparat Pemerintah maupun swasta, sehingga Gaung Anti Korupsi dan Pungli sudah ditabuh oleh Presiden JOKOWI  ke Seluruh Indonesia.

Hanya kita sendiri yang bisa mengatasi ketiga ancaman tersebut apabila kita mempunyai Landasan Kebudayaan yang kokoh.
Gorontalo adalah sebuah negeri yang mempunyai slogan Adat bersendikan syariat dan Syariat bersendikan Kitabullah, untuk itu mari kita sama2 kembangkan Ahlakulkarimah.
Aspek2 yang perlu kita kembangkan dan lestarikan antara lain
-Busana adat minimal dipake sebulan sekali oleh seluruh PNS se Provinsi Gorontalo, seluruh karyawan BUMN maupun Swasta

-Di Provinsi Gorontalo ada 3 bahasa yaitu bahasa Gorontalo, bahasa Suwawa dan bahasa Bolango. Apakah kita mau berkomitmen dalam satu hari kita berbahasa Gorontalo baik di Instansi Pemerintah, Swasta maupun Masyarakat umum untuk menggunakan bahasa Gorontalo dalam kegiatan sehari penuh.

-Ciri khas prilaku masyarakat Provinsi Gorontalo Ramah Tamah dengan siapa saja. Saya berharap Gorontalo dalam waktu dekat ini mampu melaksanakan PILKADA yang Sejuk, damai dan menggembirakan, klo pilkada yang aman dan damai adalah hal yang biasa, maka sy berharap Pilkada Gorontalo harus Luar biasa, sejuk dan menggembirakan. Pesta Demokrasi tidak boleh ada suasana kekacauan, kita harus mengembankan Budaya yang berbasiskan pada Tata Nilai Akhlakulkarimah.

Tema Kongres Kebudayaan ini adalah Konservasi Kebudayaan dan Lingkungan Hidup, dan ini sangat tepat karena Kebudayaan selalu berdampingan dengan Lingkungan Hidup. Kalau Lingkungan Hidup dirusak, maka pasti Wahana Kebudayaan terganggu, oleh karena itu mari kita sama2 menjaga Lingkungan Hidup dengan baik (008)
« PREV
NEXT »